Mudik lebaran merupakan rutinitas tahunan sebagian besar masyarakat yang tinggal di kota-kota besar sehingga rutinitas ini menjadi salah satu sorotan pemerintah. 

Karena semakin besar dan bertambahnya animo masyarakat yang ikut  dalam rutinitas ini, dan diimbangin dengan daya beli masyarakat akan kendaraan roda 4 maka jalur mudik via daratpun menjadi salah satu pilihan terbanyak. 

Seperti mata pisau, selain adanya perkembangan dan pendapatan oleh banyak pihak dari pemudik jalur darat ini masalah juga muncul bersamaan dengannya. Seperti semakin besarnya angka kecelakaan, macet parah dan lain sebagainya. 

Tidak mau kecolongan seperti tahun lalu, tragedi brexit macet total terparah dan terpanjang yang memakan korban belasan nyawa hingga masuk ke berita internasional, pemerintah dan Dishub pada khusunya selalu mencari solusi dari agenda tahunan ini.

Baca Juga  GTN Data Center Raih Dua Sertifikat Standar Internasional Sekaligus


Sejak tahun lalu pemerintah telah mencanangkan jalur tol baru terusan dari Brebes menuju Grising. Pembangunan terus dilakukan namun sayangnya hingga saatnya mudik 2017 tiba jalur ini belum selesai dibangun. 

Walaupun masih dalam proses pembangunan namun akhirnya jalur ini menjadi salah satu alternatif demi mengurangi kemacetan parah. Dengan kondisi pembangunan 70% pemerintah akhirnya membuka jalur alternatif ini dan ternyata peminatnya cukup besar. 


Menurut pantauan kami walaupun jalur ini cukup membantu namun kewaspadaan dan konsentrasi pengendara sangat dibutuhkan. Jalur ini cukup menyulitkan pengguna jalan karena jalannya yang berliku, banyak sekali kontur jalan yang turun – naik, kerikil dan pasir di jalan serta minimnya rest area yang disediakan. Terutama saat berkendara di malam hari, penerangan sangat minim ditambah debu yang tebal sehingga sangat mengganggu jarak pandang. 

Baca Juga  Tradisi Lempar Receh Saat Mudik Ala Subang-Indramayu

Sejak 3 hari yang lalu jalur ini dibuka setidaknya sudah terjadi 2 kecelakaan di jalur ini yang diakibatkan karena ngantuk, kelelahan dan tidak fokus pada kontur jalan.
Berikut benerapa hal yang harus di perhatikan pemudik yang akan melewati jalur baru ini : 

1) Selalu jaga kondisi tubuh. Istirahat jika sudah lelah dan jangan memaksakan mengemudi dalam keadaan mengantuk.

2) Jika bisa, usahakan melewati jalur ini saat siang atau sore hari. 

3) Selalu periksa lampu-lampu kendaraan ada. Jika ada disfungsi lampu kendaraan dan anda melewati jalur ini pada malam hari, bisa dipastikan anda ada dalam posisi berkendara yang membahayakan keselamatan. 

4) Selalu berdoa, berhati-hati, fast thingking dan utamakan keselamatan dengan tidak melaju dengan kecepatan diatas 40 km dan selalu menjaga jarak minimal 3 m di belakang kendaraan lain karena sangat tidak dianjurkan mengerem mendadak dalam kondisi jalan berpasir dan berkerikil.

Baca Juga  The Black Warrior Beraksi di Ponorogo Barat

SKA| BATAS.ID|Foto:Viva,Tribun, Bisnis.com