Buku jendela dunia. Kuncinya: membaca. Ungkapan klasik yang tak pernah lesap. Lewat membaca kita bisa mengenal negara-negara di dunia, mengetahui sejarah dan mendapatkan banyak pengetahuan.

Sebuah artikel di Lifehack menyebutkan ada 10 manfaat membaca buku atau majalah, di antaranya, memperkaya pengetahuan, mempertajam kemampuan analisis, melatih fokus dan membuat kita menulis lebih baik.

Selain menambah ilmu dan membuka wawasan, membaca juga bisa membuat Anda bahagia, seperti dilansir Psychologies. Sedangkan Elite Daily menyebut ada 21 alasan mengapa membaca bisa membuat kita bahagia. Berikut 10 di antaranya.

1. Rehat dari rutinitas

Hidup ini kadang tidak seperti film yang penuh aksi atau drama. Hidup kadang monoton. Lewat membaca Anda rehat dari rutinitas.

2. Pengalaman

Anda mendapatkan banyak kisah dan merasakan tempat-tempat yang ingin Anda datangi lewat membaca. Anda juga bisa mendapatkan berbagai pengetahuan tentang banyak budaya.

3. Mengembangkan imajinasi dan kreativitas

Otak Anda mengembang, Anda mengambarkan yang Anda baca di otak Anda. Gambar itu unik, personal dan bisa menjadi inspirasi Anda.

4. Hiburan yang mudah dan murah

Anda bisa mendapatkan banyak buku bagus secara gratis di internet. Anda juga bisa menjadi anggota perpustakaan untuk mendapatkan buku.

5. Anda jadi cerdas

Membaca membuat kreativitas Anda berkembang. Membaca meningkatkan kemampuan menulis dan menambah kosa kata.

6. Topik diskusi

Lewat membaca, apakah buku atau majalah, kita bisa membuatnya menjadi topik diskusi.

7. Inspirasi

Kutipan-kutipan menarik di buku favorit bisa menjadi inspirasi Anda.

8. Membaca menyenangkan

Membaca bisa membuat kita rileks, senang dan tentram.

9. Meningkatkan pemahaman

Semakin banyak Anda membaca, maka Anda semakin paham. Membaca bisa membuat Anda lebih paham terhadap banyak hal dan Anda bisa lebih mudah beradaptasi.

10. Meningkatkan percaya diri

Rajin membaca bisa membuat Anda menjadi orang yang lebih baik, bisa mengerti diri Anda sendiri dan sekitar Anda. Ini modal untuk berkomunikasi dan menambah kepercayaan diri.

|BERITAGAR.ID

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here