foto : edi p/batas.id

Batas.id~WONOGIRI-Dalam rangka meperingati Hari Pangan Sedunia (HPS) ke-36 Tahun 2016, di Kabupaten Wonogiri   melalui Kantor Ketahanan Pangan dilaksanakan pada Senin, 17 Oktober 2016 bertempat di Pendopo Rumah Dinas Bupati dan Alun-Alun Giri Krida Bhakti Kabupaten Wonogiri selama satu hari.

Agenda kegiatannnya antara lain pameran produk dan teknologi pertanian, lomba menu non beras untuk tim penggerak PKK, lomba mewarnai untuk Siwa Taman Kanak-Kanak dan lain lain.

peserta lomba mewarnai/batas.id/edi p

Untuk kegiatan lomba mewarnai yang di ikuti sekitar 1000 peserta Siswa Taman Kanak-Kanak (TK) dari 25 Kecamatan se Kabupaten Wonogiri yang sudah  mengirimkan tim untuk ikut dalam lomba mewarnai dalam rangka memperingati Hari Pangan Sedunia (HPS) di Kabupaten Wonogiri. Tema yang diambil dalam kegiatan lomba mewarnai kali ini Pangan Lokal Pangan Sehat Masa Depan, terkait hal tersebut sesuai petunjuk teknis Lomba Mewarnai yang dilakasanakan pada tahun ini adalah pentingnya pangan lokal sebagai pangan sehat dan sebagai pangan pokok masa depan.

Baca Juga  Sambungrasa Petani Cabai dengan Bupati Wonogiri
foto : edi p/batas.id
foto : edi p/batas.id

Maka di dalam memeperingati Hari Pangan Sedunia (HPS) ke-36 di Kabupaten Wonogiri, akan memperkenalkan dan mengakselerasi melalui media ajar atau pembelajaran bagi Siswa Taman Kanak-Kanak agar mengerti pangan lokal sebagai Pangan Sehat.

Dengan kegiatan lomba mewarnai bagi siswa Taman Kanak-Kanak agar menjadi cikal dasar pembelajaran dan mendekatkan siswa dalam kehidupan sehari-hari dalam menerapkan pangan lokal sebagai Pangan Sehat.

foto : edi p/batas.id
foto : edi p/batas.id

Adapun tujuan dilaksanakannya lomba mewarnai sesuai Juknis Panitia Lomba adalah:

  1. Meningkatkan Kreatifitas anak dalam Bidang Seni mewarnai Gambar.
  2. Meningkatkan motorik halus Siswa Taman Kanak-Kanak
  3. Meningkatkan Rasa Solidaritas / kekompakan anak diantara siswa TK dalam kepedulian terhadap sektor pangan lokal / Pertanian baik di dalam lingkungan Sekolah maupun keluarga
Baca Juga  Pelebaran Jalan Wonogiri Akibatkan Macet
foto : edi p/batas.id
foto : edi p/batas.id

Selanjutnya, keterangan yang di himpun tim batas.id dari Purwani (Pengajar TK), sesuai petunjuk dari panitia bahwa lomba dimulai jam 08.30 wib -11.30 wib, bertempat di Alun alun Giri Krida Bhakti,  waktu pelaksanan  lomba sekitar 3 jam dengan kreteria penilaian : Kerapihan dan Kebersihan (Finishing), Kreatifitas memadukan warna (Harmoni), Ketelitian dan Kecermatan (Motorik). Peserta menyiapkan peralatan sendiri (meja, perlengkapan mewarnai), panitia menyediakan kertas A3 dengan nuansa Sketsa Pangan Lokal Pangan Sehat Masa Depan.

Dan tentunya keputusan dewan juri tidak bisa di ganggu gugat terkait hasil pemenang lomba mewarnai pada Peringatan Hari Pangan Sedunia ke-36 di Kabupaten Wonogiri.

peserta lomba mewarnai/batas.id/edi p
peserta lomba mewarnai/batas.id/edi p

Lomba mewarnai bagi Siswa Taman Kanak-Kanak, merupakan salah satu upaya atau inspirasi meningkatkan Kreatifitas Anak di bidang seni pewarnaan dalam media gambar dan memperkenalkan serta mendekatkan siswa terhadap Pangan Lokal Pangan Sehat, serta memberikan Pemahaman dan  rasa kepedulian siswa terhadap pangan lokal yang sehat dan memperkenalkan lingkungan pangan lokal dalam arti yang luas.

Baca Juga  Lima Nasihat Berharga Entrepreneur Sukses untuk Generasi Milenial

Ayo Sesarengan Mbangun Wonogiri…Mewujudkan Masyarakat Makmur dan Sejahtera…

Edi Purnomo-batas.id