24 Tahun Telkomsel: Menguasai 168 Juta Pelanggan

Jumlah pelanggan Telkomsel jauh meninggalkan kompetitor-kompetitornya seperti XL Axiata dan Indosat Ooredoo.

Jakarta, TechnoBusiness ID ● PT Telekomunikasi Selular (Telkomsel), perusahaan telekomunikasi digital di bawah naungan PT Telekomunikasi Indonesia Tbk. (IDX: TLKM), kemarin berulang tahun yang ke-24.

Baca Juga: Membaca Tiga Pilar Inovasi Telkomsel

Dalam usianya yang hampir seperempat abad itu, Telkomsel memiliki 168 juta pelanggan, jauh meninggalkan kompetitor-kompetitornya seperti PT XL Axiata Tbk. (IDX: EXCL) dan PT Indosat Tbk. (IDX: ISAT).

Seperti dalam laporan keuangan XL Axiata kuartal pertama 2019, operator bercorak “biru” itu mempunyai 55,1 juta pelanggan; sedangkan Indosat Ooredoo hingga akhir 2018 memiliki 58 juta pelanggan.

Baca Juga  Berkah Negeri Seribu Momen | Oleh Jeffrey Bahar

Jumlah pelanggan sebanyak itu tersebar di 95% wilayah Indonesia. Telkomsel melayaninya dengan mengerahkan sekitar 197.000 base transceiver station (BTS).

Baca Juga: Berkah Negeri Seribu Momen

Dari jumlah BTS itu, lebih dari 147.000-nya berupa BTS broadband (3G/4G). Jaringan 4G LTE Telkomsel, menurut Direktur Utama Telkomsel Ririek Adriansyah, telah menjangkau 500 kota/kabupaten atau 93% pelanggan.

Selain itu, perusahaan bercorak merah itu selama kuartal pertama 2019 telah menambah 8.000-an BTS berteknologi Massive MIMO untuk menyediakan jaringan 4.9G.

—Intan Wulandari, TechnoBusiness ID ● Foto: Telkomsel

 

Artikel Asli