gerhana matahari cincin
source via tribunnews.com

BATAS.ID~Solo – Gerhana Matahari Cincin yang akan terjadi pada tanggal 26 Desember 2019 nanti ternyata akan melintasi sebagian wilayah di Indonesia.

BMKG sendiri menyatakan bahwa Gerhana Matahari Cincin ini akan melewati 25 kota di 7 Provinsi. Di mana pesebarannya adalah Sinabang dan Singkil (Aceh), kemudian Sibolga, Pandan, Tarutung, Padang Sidempuan, Sipirok, Gunung Tua, Sibuhuan (Sumatera Utara), seperti yang dilansir dari tempo.com.

Di Provinsi Riau, masyarakat yang berada di daerah Pasir Pengaraian, Dumai, Bengkalis, Siak Sri Indrapura, Selat Panjang. Sedangkan untuk Kepulauan Riau, gerhana ini dapat dilihat di kota Tanjung Pinang, Tanjung Balai Karimun, Batam, Bandar Seri Bentan.

Sedangkan untuk Pulau Kalimantan, Gerhana Matahari Cincin ini kemungkinan akan terlihat di Mempawah, Singkawang, Sambas, Bengkayang, Putussibau, Kalimantan Utara di Tanjungredep, dan Kalimantan Timur di Tanjungselo, seperti yang dikutip dari tempo.com.

Gerhana Matahari Cincin ini sendiri sedikit berbeda dari Gerhana Matahari Total. Di mana pada fenomena Gerhana Matahari Cincin Api, bulan akan menutupi piringan matahari tapi tidak penuh seperti Gerhana Matahari Total.

Matahari yang tertutup Bulan dan masih menyisakan pendaran pada bagian pinggirnya ini sendiri akan menjadi fenomena yang sangat unik dan juga patut untuk diamati. Di mana pengamat Bumi menilai pendaran ini bentuknya sepertinya cincin.

“Efeknya matahari seperti cincin, gelap di tengah dan terang di pinggirnya,” kata peneliti astronomi BMKG Rukman Nugraha, Senin, 16 Desember 2019, seperti yang dikutip dari tempo.com.

Di Indonesia, waktu mulai gerhana paling awal menurut BMKG adalah di Sabang, Aceh, yang terjadi pada pukul 10.03.11,9 WIB. Sedangkan kota yang paling akhir merasakan adalah di Merauke, Papua, yaitu pukul 14.37.10,4 WIT.

Saat puncak gerhana yang paling awal adalah kota Sabang pada pukul 11.49.32,9 WIB. Dan kota yang akan mengalami waktu puncak paling akhir adalah Jayapura, yaitu pukul 15.51.19,7 WIT, seperti yang dikutip dari laman tempo.com.

Dina Meidianan-BATAS.ID