BATAS.ID~Jakarta-Malware dari hari ke hari terus mengintai komputer Anda dan bisa jadi Anda lengah dari susupan mereka. Jika begitu, data-data Anda terancam hilang karena infeksi virus tersebut. Berikut ini lima tips mudah menjaga keamanan komputer Anda.

  1. Peranti lunak terbaru

Mengatur pembaruan peranti lunak dan sistem operasi otomatis dapat menghindarkan dari infeksi virus. Sebab, peranti lunak atau sistem operasi yang sudah usang rentan menjadi tempat tinggal virus yang jahat.

 

  1. Pasang antivirus andal

Karena banyak virus yang siap menyerang komputer Anda, tentu dibutuhkan antivirus. Antivirus pun banyak yang tak maksimal dalam bekerja, sehingga menggunakan antivirus terbaru dan andal amat dibutuhkan.

  1. Gunakan kata sandi yang kuat

Kata sandi (password) akan jauh lebih kuat jika menggunakan kombinasi huruf, angka, dan karakter yang mudah Anda ingat tetapi sulit ditebak oleh orang lain.

  1. Hati-hati dengan jaringan internet

Meski tidak bisa menghindari koneksi internet, sebaiknya Anda menjadi pengguna internet yang cerdas. Ingat, tidak semua koneksi internet aman, apalagi Wi-Fi yang lebih terbuka di kedai-kedai kopi.

  1. Perhatikan e-mail Anda

Jangan asal buka e-mail. Sebab, bisa jadi e-mail yang Anda terima mengandung malware. E-mail yang berasal dari orang tak dikenal atau phishy amat berbahaya.**

NRP-BATAS.ID—Gandjar Dewa Artha, TechnoBusiness Indonesia ● Foto-Foto: Istimewa

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here