BATAS.ID~Solo- Stress adalah salah satu kondisi yang terkadang tidak disadari oleh para penderitanya. Di mana biasanya orang yang mengalami stress ini sebanyak 77% merasakan sakit kepala, insomnia, cemas, berat badan naik, nyeri otot, gangguan pencernaan, dan sulit konsenstrasi.

Cara paling ampuh ketika Anda mengalami stress tentu saja dengan memahami akar masalah yang menyebabkan stress, akan tetapi cara ini sendiri dapat dikatakan sulit terlebih lagi jika Anda tidak menyadari bahwa Anda mengalami kondisi psikologis ini.

Untuk itu, sangat penting bagi Anda agar dapat mengenali tanda stress, sehingga dengan memahami gejala dan tandanya dapat melakukan tindakan antisipasi yang tepat. Salah satu cara untuk dapat melawan gejala stress adalah dengan aktivitas fisik seperti olahraga.

Frank Lupin, MS mengatakan, “Saat Anda melakukan aktivitas fisik, tubuh Anda memproduksi hormon endorfin. Hormon ini bekerja untuk melawan stres. Jadi, olahraga dapat membebaskan pikiran Anda dari berbagai masalah,” Ujar pelatih atlet berlisensi di Coordinated Health tersebut, seperti dilansir dari Everyday Health.

Dengan melakukan aktivitas fisik seperti olahraga ini, maka dapat memperlancar perederan darah. Tidak hanya itu, dengan berolahraga maka Anda membutuhkan latihan pernapasan setelah atau sebelumnya yang mampu membuat tubuh merasa rileks.

Jenis Olahraga Yang Mampu Mengatasi Stress

  • Jalan Cepat atau Jalan Santai

Ternyata berjalan dapat menjadi salah satu olahraga yang dapat Anda lakukan secara rutin, di mana berjalan ini merupakan aktivitas fisik yang paling mudah untuk dilakukan. Anda dapat memilih berjalan cepat atau jalan santai, di mana gerakan kaki yang berulang dapat membantu otot kaki untuk lebih rileks atau tidak tegang, menenangkan sistem saraf, dan dapat melatih pernapasan Anda untuk lebih sehat.

Anda dapat melakukan jalan cepat atau jalan sehat ini selama 10 menit dalam kurun waktu 2 kali seminggu. Setelah satu atau dua minggu Anda dapat meningkatkan frekuensinya. Sangat disarankan untuk melakukan olahraga  yang satu ini selama 30 menit pada setiap harinya sehingga dapat melepaskan stress yang sedang dialami.

  • Menari

Menari, sebagai salah satu kegiatan yang dapat membantu meningkatkan kelincahan tubuh. Di mana pada saat menari akan menegangkan dan melemaskan otot secara berkala serta meningkatkan detak jantung.

Manfaat dari menari sendiri yang dapat membantu Anda mengurangi rasa stress adalah dari adanya kontak dan hubungan sosialisasi dengan orang lain. Contohnya adalah pada saat menari Anda harus focus untuk menyamakan dan mengatur gerakan agar kompak. Di mana dengan Anda focus kepada gerakan yang harus kompak maka dapat mengalihkan pikiran Anda dari hal-hal yang membuat Anda stress, sehingga setelah selesai menari pikiran akan terasa lebih fresh.

  • Yoga

Yoga juga menjadi salah satu olahraga yang sangat tepat untuk mengatasi stress. Hal ini sendiri dikarenakan pada gerakan yoga mengutamkan kelenturan yang sangat baik untuk membuat otot menjadi rileks. Pada Yoga sendiri juga Anda akan melakukan pengaturan pernapasan yang dapat membuat tubuh lebih rileks dan dapat membantu Anda mengelola stress.

Anda sendiri dapat melakukan Yoga dengan melihat video panduan yang banyak tersebar atau juga menyewa instruktur Yoga professional. Anda juga dapat menemukan beberapa kelas Yoga yang banyak sekali dibuka di pusat kebugaran.

photo by Shutterstock
  • Tai Chi

Tai Chi adalah sebuah beladiri dari China yang mengutamakan gerakan tubuh dibarengi dengan konsentrasi yang kuat serta kelenturan tubuh. Olahraga ini juga membantu Anda untuk mengatur pernapasan dan meningkatkan stamina untuk tubuh.

Jika olahraga ini dikombinasikan dengan tidur cukup dan tepat waktu, maka kesehatn jiwa pun dapat terjaga sehingga stress pun dapat terkendali.

  • Tenis

Tenis menjadi olahraga terakhir yang disarankan untuk mengatasi stress. Tenis harus dilakukan dengan berpasangan, di mana Anda dapat membangun hubungan dengan orang lain yang sangat baik untuk kesehatan mental Anda.

Terlebih lagi jika Anda dapat menghasilkan poin yang tentu saja akan membuat perasaan lebih senang dan mampu mengusir stress yang sedang Anda alami. Olahraga ini juga mampu untuk menjaga kesehatan jantung dan mengatur tekanan darah tinggi.

Sumber : Hellosehat.com

Dina Meidiana-BATAS.ID