63% UKM Kesulitan Mengelola Keamanan Aplikasi Bisnis

Jakarta, TechnoBusiness ID ● Hampir dua pertiga (63%) perusahaan yang memiliki kurang dari 249 karyawan kesulitan mengelola keamanan layanan aplikasi bisnisnya. Penggunaan layanan komputasi awan (cloud computing) justru menambah masalah baru terkait keamanan data.

Baca Juga: 1,5 Miliar Cip untuk Paspor Telah Terjual 

Young hacker in data security concept

Padahal, sebanyak 50% perusahaan dengan maksimal 49 karyawan dan 40% perusahaan dengan 50-249 karyawan lebih banyak membutuhkan layanan cloud karena sebagian besar karyawannya bekerja di luar kantor. Fakta itu diungkap oleh Kaspersky Lab, Senin (9/7).

Perusahaan penyedia antivirus asal Rusia itu menyatakan semakin besar perusahaan semakin membutuhkan layanan cloud. Buktinya, 73% dari UKM dan 56% usaha mikro setidaknya menggunakan satu cloud.

Di antara Software as a Service (Saas) yang ada, e-mail, aplikasi penyimpanan dokumen dan kolaborasi, serta keuangan dan akuntansi merupakan yang paling populer.

Untuk diketahui, “Demi menikmati fungsi layanan cloud, terlepas dari skala perusahaan mereka, bisnis perlu secara efektif mengelola berbagai platform dan layanan cloud,” ujar Vice President Global Sales Kaspersky Lab Maxim Frolov. Setidaknya, ada yang bertanggung jawab dalam mengelolanya.●

—Anwar Ibrahim, TechnoBusiness ID ● Foto-Foto: Istimewa

 

Artikel Asli