BATAS.ID~Setiap daerah di Indonesia pasti mempunyai berbagai macam acara untuk Menyambut Hari Kemerdekaan Indonesia yang jatuh pada tanggal 17 Agustus setiap tahunnya. 
Di Solo sendiri setiap malam tanggal 16 Agustus akan mengadakan acara Malam Tirakatan. Malam Tirakatan itu sendiri sebenarnya berasal dari bahasa arab Thariqat-Thariq, yang berarti jalan secara harfiahnya. Secara Definitif, Thariqat berarti suatu proses perjalan mencari kebenaran, atau mencari jalan yang benar. Bisa diartikan Thariqat atau Tirakat adalah pencarian nilai-nilai kebenaran. Pencarian nilai itulah yang mengilhami adanya malam tirakatan 17 agustus. Mencari nilai tentang spirit kenegarawanan , spirit pejuangan yang telah dlakukan para pendahulu untuk membuat kemerdekaan indonesia. Spirit itulah yang harus ada, bukan hanya ketika hari kemerdekaan saja atau ketika malam tirakatan saja. Tetapi harus ada terpatri selamanya dalam hati warga indonesia.
Acara Malam Tirakatan yang diadakan kampung Poerbowardayan Rt. 06 Rw. 02 dibuka dengan upacara bendera layaknya yang diadakan disekolah atau instansi pemerintah maupun non pemerintah. Dari para bapak-bapak, ibu-ibu Serta anak-anak pun mengikuti upacara ini. Selesai Upacara ada pemotongan tumpeng sebagai simbolisasi rasa syukur yang diwakili pengurus RT dan RW. Pembagian doorprize pun juga tidak lupa diadakan demi kemeriahan. 

Mendekati akhir acara warga akan diajak makan Malam bersama. Setiap RT akan membuat menu makanan yang berbeda.
Setelah Malam Tirakatan selesai, pada tanggal 17 Agustus 2017 banyak juga kegiatan yang diadakan. Seperti lomba untuk anak-anak dan juga warga lainnya. 

Petugas POM Bensin di Pasar Kliwon Solo memkai pakaian adat/batasfoto/dinameidiana

Tidak hanya dikampung-kampung saja yang merayakan kemeriahan. Di salah satu Pom bensin yang ada di Solo pun ikut memeriahkan dengan mendadani petugas Pom bensin dengan baju adat. Para petugas Pom bensin terlihat senang melayani warga dengan memakai baju adat.
DINA-BATAS.ID