Adu Paket di Tanah Haji – TechnoBusiness ID

Seperti Hari Raya Idulfitri, musim haji juga menjadi berkah tersendiri bagi operator-operator telekomunikasi seluler di Tanah Air.

Jakarta, TechnoBusiness ID ● Sebanyak 1.800 calon jamaah haji dari dua kelompok terbang (kloter) Surabaya dan dua kloter Batam tiba di Prince Mohammad bin Abdulaziz International Airport, Madinah, Arab Saudi, Sabtu (6/7).

Hari itu merupakan hari pertama serangkaian penerbangan calon jamaah haji asal Indonesia tahun ini. Kedatangan mereka akan diikuti oleh 229.200 calon jamaah haji asal Tanah Air lainnya.

Sehingga total calon jamaah haji yang diberangkatkan tahun ini mencapai 231.000 orang. Jumlah itu lebih banyak dibanding tahun-tahun sebelumnya.

Sebab, dari hasil kunjungan Presiden Joko Widodo pada April lalu, Indonesia mendapat tambahan kuota sebanyak 10.000 mulai tahun ini. Bukan jumlah yang sedikit.

Baca Juga: Perkuat Bisnis, Mastercard Akuisisi Transfast

Karena itu, selain Hari Raya Idulfitri, musim haji juga menjadi berkah bagi banyak perusahaan, terutama operator telekomunikasi seluler.

Seperti kita ketahui, total sekitar dua bulan (6 Juli-16 September 2019) penyelenggaraan ibadah haji di Tanah Suci, baik bagi jamaah maupun petugas, tentu bukan waktu yang sebentar.

Mereka membutuhkan media komunikasi antarsesama jamaah, antarpetugas, atau dengan keluarga di rumah. Satu-satunya alat yang bisa melayani itu secara mudah tak lain adalah ponsel.

Makanya, operator-operator telekomunikasi seluler Indonesia berlomba-lomba menawarkan paket promo selama penyelenggaraan ibadah haji.

PT Telekomunikasi Selular (Telkomsel), operator telekomunikasi seluler terbesar di Indonesia, misalnya, menawarkan Paket-Paket Promo Haji berupa combo roaming untuk internet, telepon, dan layanan pesan singkat (short message service/SMS) tanpa perlu mengganti nomor kartu maupun pengaturan perangkat.

Dengan Paket Promo Haji 3in1 20 Hari, pengguna Telkomsel dapat menelepon ke nomor Indonesia, lokal Arab Saudi, dan terima telepon selama 50 menit dalam 20 hari.

Dalam Paket Promo Haji 3in1 20 Hari, pengguna juga bisa mengirim 50 SMS dan berinternet sebanyak 7GB. Telkomsel membanderol paket tersebut seharga Rp550.000.

Selain itu, juga tersedia Paket Promo Haji 3in1 30 dan 40 Hari; Paket Internet 20, 30, 40 hari; dan Paket Talk Mania 1 hari. Pembelian paket dapat diaktivasi oleh keluarga yang ada di Indonesia.

Tentu saja, kata Denny Abidin, Vice President Corporate Communications Telkomsel, setiap tahun Telkomsel selalu mempermudah layanan jamaah haji dengan membuka Posko Telkomsel Siaga di beberapa titik lokasi asrama haji.

Tahun ini, Posko Telkomsel Siaga itu “Mulai beroperasi sejak awal Juli hingga Agustus,” kata Denny dalam siaran persnya belum lama ini.

PT Smartfren Telecom, Tbk. (IDX: FREN), operator telekomunikasi seluler milik Sinarmas Group, tidak mau kalah. Melalui divisi roaming internasionalnya, Smartfren menawarkan Paket Smartday Pass Arab Saudi.

Smartday Pass Arab Saudi merupakan paket promo khusus unlimited kuota internet yang dihadirkan Smartfren bekerja sama dengan operator setempat, Zain Saudi.

Smartday Pass Arab Saudi berisi kuota internet selama 14 hari di Tanah Suci. Untuk bisa menikmati layanan tersebut, pengguna harus mengaktifkan layanan roaming internasionalnya terlebih dahulu sebelum berangkat.

Smartfren lebih memilih fokus pada paket internet untuk layanan Smartday Pass Arab Saudi karena menyadari bahwa saat ini pengguna cenderung berkomunikasi melalui internet.

“Pelanggan telekomunikasi, tidak terkecuali para jamaah haji, lebih banyak menggunakan data untuk berkomunikasi dengan sanak saudaranya di Tanah Air,” kata Aya Sofia, Department Head of International Roaming Smartfren.

Smartfren membanderol Paket Smartday Pass Arab Saudi-nya dengan harga Rp150.000 selama masa promo hingga 30 September 2019. “Dengan begitu, mereka tidak perlu membayar biaya ekstra untuk pulsa telepon dan SMS,” lanjut Aya.

PT XL Axiata, Tbk. (IDX: EXCL), operator telekomunikasi seluler lainnya, bahkan menawarkan sembilan macam varian yang dikelompokkan dalam tiga paket: Paket Nelpon & SMS, Paket Internet, dan Paket Combo.

Paket Nelpon & SMS, misalnya, menawarkan paket 10 hari berupa 50 menit menelpon dan 50 SMS seharga Rp149.000, paket 20 hari dengan 75 menit menelepon dan 75 SMS seharga Rp179.000, dan paket 40 hari selama 400 menit menelepon dan SMS senilai Rp149.000.

Paket internet pun demikian, dibagi dalam tiga varian seharga Rp199.000, Rp249.000, dan RP379.000. Paket Combo seharga Rp299.000, Rp399.000, dan Rp549.000.

Tidak tanggung-tanggung, untuk memperlancar layanannya di Tanah Haji, XL menggandeng semua operator setempat. “Karena layanan ini berada di luar negeri, maka XL menjalin kerja sama dengan sejumlah operator telekomunikasi dan data di Arab Saudi yang memiliki kualitas jaringan baik,” ungkap Chief Marketing Officer XL Axiata David Arcelus Oses.

Operator-operator Negeri Arab yang digandeng XL antara lain Mobility, Saudi Telecom (STC), dan Zain Saudi. Jadi, kata David, jamaah haji tidak perlu mengganti kartu XL-nya, cukup memindahkan ke salah satu dari tiga jaringan operator itu untuk mendapatkan roaming internasional.

David menegaskan bahwa XL berkomitmen kuat untuk menyelenggarakan layanan tersebut mengingat kemudahan akses ke layanan komunikasi menjadi kebutuhan penting bagi semua jamaah haji.

“Kemudahan berkomunikasi dengan keluarga dan orang-orang terdekat akan membuat mereka merasa nyaman dan tenang selama di Tanah Suci, yang pada akhirnya mendorong kekhusukan mereka dalam beribadah haji yang memakan waktu cukup lama,” katanya.●

—Intan Wulandari, TechnoBusiness ID ● Foto: Telkomsel, Smartfren, XL Axiata

 

Artikel Asli