Banyu Anget, Foto : Yosi Pacitan/batas.id

Batas.id~Pacitan–Panorama alam Pacitan Memang  tidak ada habisnya dari pantai yang exotic, pegunungan yang  indah dan kerajinan yang unik serta pemandian air hangat berhasiat, Adalah Pemandian Banyu Anget Tirto Husodo, pemandian ini merupakan kolam renang yang dikelola oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Pacitan. Yang menjadi daya tarik wisatawan di kolam renang satu ini ialah airnya yang murni berasal dari sumber di pegunungan Desa Karangrejo, Kecamatan Arjosari, Kabupaten Pacitan. Sumber yang murni hangat dan tidak melalui proses pengolahan. Air di pemandian sumber air panas ini tidak mengeluarkan bau belerang, dengan suasana pegunungan yang asri dan sejuk serta berkabut pada pagi hari ditambah kicauan  burung, pemandian air hangat ini sangat layak untuk menjadi daftar prioritas travelling anda.

Baca Juga  Steak vs Ayam Bakar-nya Mahasiswa Solo

Pemandian Banyu Anget  berjarak ± 15 Km dari pusat Kota Pacitan ini memiliki setidaknya 4 kolam, yaitu 1 kolam induk yang tidak boleh digunakan untuk berenang, 2 kolam dewasa dan 1 kolam untuk anak-anak. Pemandian yang buka selama 24 jam ini menawarkan tiket masuk seharga Rp 10.000,- per orang untuk memasuki lokasi pemandian.

Wisatawan  juga disuguhkan dengan beberapa tempat penginapan bagi yang ingin bermalam di kawasan wisata ini, kanan kiri menuju ke kolam juga banyak terdapat penjual pernak-pernik khas Pacitan (batu akik dll) serta makanan khas Pacitan (Nasi Tiwul dll),

Fasilitas "Banyu Anget", Foto : Yosi Pacitan/batas.id
Fasilitas “Banyu Anget”, Foto : Yosi Pacitan/batas.id

Konon menurut mitos yang beredar, pemandian Banyu Anget (air hangat) ini mampu menyembuhkan penyakit kulit. Tentu yang menderita penyakit kulit tidak diperbolehkan berenang dikolam umum. Pengelola juga menyiapakan tempat bilas, SPA, ruang parkir yang cukup serta tidak ketinggalan tempat beribadah (Mushola). Selain itu ada mitos yang berkembang di masyarakat jika berkunjung ke pemanian ini membawa pasangan yang belum menikah (pacaran) akan putus, namun kebenaran dari mitos ini sampai saat ini tidak ada riset atau sumber yang dapat dipercaya kebenarannya. Jadi, tidak ada alasan untuk menunda liburan ke Pemandian Tirto Husodo, Kan.???

Baca Juga  Kondisi kesehatan yang tidak boleh menerima vaksin MR

Update mengenai Pemandian ” BANYU ANGET” Kunjungi terus Batas Media.

Yosi Pacitan-batas.id