Aksi buruh Tangerang 10 November 2016 (Foto By Edy S)

Batas.id~TANGERANG-Demo buruh dari berbagai aliansi serikat buruh di Tangerang kota dan kabupaten ikut mewarnai Hari Pahlawan tepat pada 10 November 2016. “Kami juga pahlawan ekonomi keluarga,” teriak orator disalah satu mobil komando.

Buruh berhenti dibawah jembatan tol Bitung (Foto By Edy S)

Aksi demo buruh kali ini diikuti oleh ribuan masa yang terdiri dari berbagai aliansi serikat buruh se-Tangerang raya dan kabupaten seperti : ALATAR (Aliansi Rakyat Tangerang Raya), Aliansi SB/ SP Serang dan Cilegon, KSPSI Sudirman, FSBN, KASBI, GARDA METAL, KABUT BERGERAK (Komite Aksi Buruh Tangerang Bergerak) serta beberapa aliansi lain.

Dalam aksi buruh yang bertepatan pada Hari Pahlawan ini, salah satu tuntutan dari KABUT BERGERAK adalah pencabutan PP. No. 78 Tahun 2015 tentang pengupahan, dan penetapan UMK Tangerang untuk tahun 2017 sebesar Rp.6.100.000 (Enam juta seratus ribu rupiah).

Baca Juga  Kader PDIP Wonogiri Gelar Apel Siaga
Aksi buruh Tangerang 10 November 2016 (Foto By Edy S)

Selain tuntutan dari KABUT BERGERAK,  aksi buruh yang dikomando oleh Aliansi Banten Darurat Upah, juga memberikan pernyataan terbuka dan seruan kepada pimpinan tingkat daerah, Pimpinan cabang, dan pimpinan tingkat perusahaan diwilayah Banten agar mempersiapkan diri untuk melakukan aksi bersama pada tanggal 16, 17 November 2016 dengan sasaran pusat pemerintahan propinsi Banten dan jika pemerintah daerah tidak menganulir tuntutan buruh Banten, maka ; persiapkan diri untuk melakukan aksi besar pada tanggal 18 November 2016 ke Istana Negara sebagai simbol kekuasaan yang mengesahkan PP. No.78, bersama elemen gerakan rakyat yang lain.

Edy S-Batas.id