Batas.id~Jakarta–Siang ini berlangsung demo bela Al-Qur’an yang dilakukan oleh berbagai alisansi muslim Indonesia dalam bentuk aksi damai. Aksi ini di dahului oleh shalat jumat berjama’ah di masjid-masjid sekiataran Monas dan Istana Negara. Tak lupa pula dilakukan dzikir dan do’a bersama para pendemo sebelum semua berkumpul di satu titik.

demo2

Dalam demo kali ini dari segi pengamanan sangat dijaga agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Tim keamanan yang diterjunkan ke lapangan pun bukan hanya dilakukan oleh pihak aparat keamanan pemerintah saja. Beberapa Ormas juga membawa tim keamanan mereka masing-masing, Seperti FPI yang membawa Laskar FPI sebagai tim pengamanan dari internal mereka.

Baca Juga  Halodoc Cek Kesehatan 1.000 Pengemudi Go-Jek secara Gratis

aksi

Bukan hanya segi keamanan, bahkan konsumsi dan kebersihan juga turut dijaga. Konsumsi banyak berdatangan dari donatur dan disediakan trashbag (kantong sampah) agar peserta tidak meninggalkan tumpukan sampah pasca demo yang nantinya malah akan menjadi berita viral.

Selain FPI dan ormas serta majelis dan warga muslim Jakarta banyak pula berdatangan pendemo dari luar daerah. Seperti Banner yang terlihat salah satu diantaranya kelompok Pasak Mulawarman Bersatu yaitu kelompok muslim dari Boneo Kalimantan Timur dan Front Pemuda Maluku Muslim atau yang biasa disebut dengan FPMM.

pasak

Sejauh ini demo berjalan dengan tertib dan aman. Belum ada kerusuhan atau aksi-aksi anarkis yang ditakutkan akan terjadi yang menjadi salah satu kecemasan warga Jakarta. Prediksi hujan lebat seharian di Jakarta dari BMKG juga tidak terjadi sampai saat ini. Semoga demo hari ini tetap berjalan dengan baik hingga akhir kegiatan tanpa adanya tindakan-tindakan dan kejadian yang sama-sama tidak kita inginkan.