Anda Nasabah BCA? Gunakan Asisten Virtual Vira

Jakarta, TechnoBusiness ID Ok Google. Bicara dengan Bank BCA.” Jika Anda nasabah PT Bank Central Asia Tbk. (IDX: BBCA), salah satu bank terbesar di Indonesia, cobalah mengetik atau mengirimkan perintah suara di Google. Secara otomatis, Asisten Google akan menghubungkan Anda dengan Vira.

 

Baca Juga: Finhacks BCA Hasilkan Tiga Aplikasi Digital Banking Terbaik

 

Vira merupakan singkatan dari Virtual Assistant Chat Banking. Layanan perbankan berbasis aplikasi chatting itu kini sudah dapat diakses melalui Asisten Google menyusul Line, Facebook Messenger, dan Kaskus Chat. Dengan bertanya dengan pesan suara atau mengetikkan kata kunci mengenai produk dan layanan BCA di Asisten Google, Vira akan langsung menjawabnya.

Baca Juga  Paten Pengenalan Wajah Baru Google Disetujui

Untuk tahap awal, nasabah bisa mendapatkan informasi terkait promo terkini dan lokasi Anjungan Tunai Mandiri (ATM) BCA terdekat. “Pastinya pengembangan ini bukan menjadi inovasi yang terakhir dari BCA,” ungkap Santoso, Direktur BCA, di Jakarta, Selasa (4/4).

BCA mengembangkan platform asisten virtual VIRA untuk mengikuti perkembangan teknologi. Media sosial dan aplikasi chatting telah menjadi andalan dalam berkomunikasi masyarakat Indonesia, yang sekarang berkembang lagi ke penggunaan asisten virtual.

Untuk diketahui, platform tersebut dikembangkan dari hasil inovasi Fariz Tadjoedin (35 tahun), juara pertama kompetisi Financial Hackathon (Finhacks) on #HackbyTheBeach pada 2016 yang diselenggarakan oleh BCA.

Hingga akhir Desember 2017, BCA memiliki 17 juta rekening nasabah yang tersebar di 1.235 cabang. Bank itu memproses jutaan transaksi setiap hari, termasuk melalui 17.658 ATM dan 470.000 mesin electronic data capture (EDC).

Baca Juga  Pasar Fintech Asia Pasifik Diproyeksikan Mencapai US$72 Miliar pada 2020

Sejak pertama kali diperkenalkan pada Februari 2017 hingga 28 Februari 2018, Vira telah digunakan oleh lebih dari 662.000 pengguna. Jumlah pengguna itu diyakini bakal melonjak drastis setelah kanal layanannya kini sudah merambah ke Asisten Google.

—Intan Wulandari, TechnoBusiness ID ● Foto-Foto: BCA

 

Artikel Asli