Apple Kuasai 51% Pendapatan Vendor Ponsel Pintar Global

Boston, TechnoBusiness Insight Apple Inc. asal Amerika Serikat berhasil menguasai 51% pendapatan vendor ponsel pintar pada kuartal 4/2017 karena membukukan US$61 miliar, jauh mengungguli rival utamanya, Samsung asal Korea Selatan.

 

Baca Juga: Membaca Naik-Turun Angka Penjualan iPhone

 

Berdasarkan data yang dirilis periset pasar Strategy Analytics, Apple mengambil lebih dari separuh pendapatan vendor ponsel pintar global yang totalnya mencapai US$120 miliar.

Pendapatan industri pada kuartal 4/2017 itu merupakan yang tertinggi sepanjang sejarah setelah naik 8% dibanding periode yang sama tahun lalu. Harga jual grosir produk ponsel pintar melonjak 18% setiap tahun.

“Keberhasilan Apple itu dibantu oleh permintaan yang solid untuk model premium iPhone X,” ungkap Direktur Eksekutif Strategy Analytics Neil Mawston dalam siaran persnya belum lama ini.

Baca Juga  Kini, Operasi Wajah Tak Perlu Bedah

Harga jual iPhone rata-rata mendekati US$800 dan hampir tiga kali lipat lebih tinggi dibanding rata-rata industri. “iPhone merupakan mesin pembuat uang yang luar biasa,” tambah Mawston.

Sementara itu, Samsung hanya memperoleh pangsa pasar 15,7% dan Huawei asal China 7%. Kedua perusahaan membukukan pendapatan sebesar US$18,9 miliar dan US$8,4 miliar.

Teks: TechnoBusiness Insight

Data: Strategy Analytics

Grafis: TechnoBusiness

 

 

Artikel Asli