Babi hutan yang berhasil dilumpuhkan, menjadi tontonan warga setempat/foto:denis p ©batas.id

Batas.id~Kedung Banteng, Banyumas-Penyerangan babi hutan di kawasan lereng Gunung Slamet kerap terjadi akhir-akhir ini dan sudah kesekian kalinya.

Bermula dari keresahan warga pada pagi hari dan sore menjelang gelap, sering dijumpai kawanan babi hutan di area lereng Gunung Slamet bagian selatan, tepatnya di Grumbul Garung, Desa Kali Kesur, Kecamatan Kedung Banteng, Kabupaten Banyumas, bahkan saat siang hari sering dijumpai kawanan babi hutan hingga 7 (tujuh) ekor, sebelumnya juga sering terjadi di daerah Bumi Jawa, Kabupaten Brebes.

Babi hutan yang berhasil dilumpuhkan, menjadi tontonan warga setempat/foto:denis p ©batas.id

Pada hari Senin (8/01/2018) sekira jam 09.00 pagi, tertangkap satu ekor babi hutan. Lokasi tersebut bersebelahan dengan perbatasan Kecamatan Cilongok dan Baturaden dan diduga akibat kawasan hutan yang dibabat untuk pembangunan proyek PLTPB Baturaden sehingga habitat satwa liar disekitar daerah tersebut terganggu.

Baca Juga  Surat Terbuka yang "Mak Jleb " dari Warga Sumenep untuk Bupati

Iwan (36) warga sekitar Desa Kali Kesur yang dibantu pemburu lokal berhasil melumpuhkan satu ekor babi hutan dengan cara ditembak dengan senapan. Hendro P adalah seorang pemburu lokal dan berhasil membidik babi tersebut hingga tidak bisa bergerak lagi dan warga beramai-ramai menggotongya karena diperkirakan berat babi tersebut mencapai 100 kg.

Babi hutan yang berhasil dilumpuhkan warga, diperkirakan sedang bunting/foto:denis p ©batas.id

Selain memang hobi berburu, Hendro P (39) juga berprofesi sebagai anggota Brigadir Mobil (BRIMOB) kompi III Banyumas dan berpangkat AIPDA.

“Warga sekitar mengalami keresahan dan khawatir akan keselamatannya apabila komplotan babi hutan masuk ke kebun garapan dan akhirnya kebun menjadi terlantar”, tutur Hendro.

Seringnya babi hutan berkeliaran ke pemukiman warga, diduga akibat kawasan hutan yang dibabat untuk pembangunan proyek PLTPB Baturaden sehingga habitat satwa liar disekitar daerah tersebut terganggu.

Baca Juga  Babi Hutan Serang Warga Hingga Tewas

DNS Batas Media