Yosi (Kiri) Sekretaris LPK dan Dr. Susanto Ketua KPAI

​BATAS.ID~Pacitan- Ketua Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) Pusat Dr. Susanto. MA melakukan kunjungan ke Pondok Pesantren Al Fattah Kikil, Arjosari- Pacitan,Sabtu 9 Setember 2017.

Dalam kunjungannya ke Pacitan ini,ketua KPAI tersebut meninjau kegiatan khitanan massal dan pemberian bantuan kepada kaum dhuafa dari Ikatan Alumni Al Fattah Kikil.
Kesempatan ini juga di manfaatkan oleh  Yosi, Sekretaris Lembaga Perlindungan Konsumen Pacitan untuk bertemu dengan Susanto, dalam pertemuan singkat tersebut keduanya membahas seputar terjadinya pernikahan dini dan kekerasan terhadap anak-anak. Banyak hak-hak mereka (anak-anak) yang  masih jarang diketahui, sebagai contoh tentang sekolah gratis dan hak tentang kesehatan.
Terkait dengan banyaknya pernikahan dini menurut Susanto sebenarnya hal ini jangan sampai terjadi, dan tidak  boleh di catatkan kecuali telah melakukan Sidang Dispensasi di Pengadilan Agama terlebih dahulu. “Harusnya ini (pernikahan dini) jangan sampai terjadi, jika sudah terlanjurpun tidak boleh dicatatkan kecuali sudah dilakukan sidang dispensasi di pengadilan agama” jelas Susanto.

Baca Juga  1000 SISWA TK IKUTI LOMBA MEWARNAI DALAM PERINGATAN HARI PANGAN SEDUNIA KE-36 DI KABUPATEN WONOGIRI

Lanjut Susanto, Maka dari itu diperlukan kesadaran kita bersama sebagai masyarakat untuk saling menjaga dan melakukan pengawasan pergaulan anak-anak agar tidak sampai terjadi hal-hal yang tidak di inginkan.
Pentingnya mengikut sertakan anak di Pendidikan Anak Usia Dini juga menjadi sorotan, karena sampai saat ini masih ada Desa yang belum mempunyai fasilitas bermain untuk anak-anak, dan fasilitas pendidikan PAUD. Hal ini yang menjadi agenda Ketua KPAI untuk bertemu dengan Menteri Desa pada waktu yang akan datang.

NRP