• Mayoritas konsumen mulai berbelanja keperluan Lebaran dua minggu sebelumnya.
  • Fashion, Elektronik, dan Makanan merupakan tiga kategori yang paling diminati konsumen.

 

BATAS.ID~JAKARTA – Bulan suci Ramadhan tahun ini sudah memasuki hari kelima. Iklan-iklan produk Lebaran tampak semakin memenuhi layar kaca, iklan sirup, biskuit, dan sarung. Tapi, di ranah online, produk apa saja yang sebenarnya diminati konsumen menjelang Hari Raya?

Berdasarkan hasil survei ShopBack Indonesia yang dirilis di Jakarta, Selasa (30/5), 81,9% konsumen belanja online mengutamakan mencari produk kategori fashion; 43,1% elektronik; 40,7% makanan; 33,8% perabotan rumah tangga; 32,4% groceries; dan 31,9% travel selama menjelang Lebaran.

 

Tiga produk fashion yang paling diminati antara lain baju koko (54,5%), baju gamis (53,1%), dan hijab (44,1%). “Produk-produk yang diminati rata-rata produk yang pendanaannya tidak diambil dari alokasi belanja harian,” kata Inge Kosasih, Vice President Marketing ShopBack Indonesia, dalam penjelasannya kemarin.

Sebanyak 59,20% konsumen menyatakan lebih memilih memesan tiket secara online dibanding ke biro perjalanan. Tiket yang dibeli secara online utamanya tiket pesawat (57,4%), kereta api (53%), dan kamar hotel (52,2%). Alasannya, harga pembelian tiket secara online bisa lebih murah (58,4%).

INGE KOSASIH, Vice President Marketing ShopBack Indonesia (Kiri)

Lantas, berapa alokasi rata-rata pengeluaran belanja online masyarakat Indonesia selama menjelang Lebaran?  Masih dari hasil survei ShopBack, startup yang berkantor pusat di Singapura dengan kantor afiliasi di Amerika Serikat, nilainya bervariasi. Sebanyak 64,6% konsumen mengaku mengeluarkan Rp500.000 sampai Rp5 juta. Sedangkan 34,4%-nya hanya mengeluarkan dana sekitar Rp100.000-Rp499.000.

Sebanyak 78,3% konsumen menambah biaya pengeluaran untuk memenuhi kebutuhan mereka selama Ramadhan dan Lebaran. Rata-rata (52,2%) memanfaatkan uang tunjangan hari raya (THR) dan 23,9% juga menggunakan tabungan serta 23,9% memanfaatkan gaji mereka.

 

Sebanyak 78,3% konsumen menambah biaya pengeluaran untuk memenuhi kebutuhan mereka selama Ramadhan dan Lebaran.

 

“Sebanyak 40,6% responden menginformasikan akan menggunakan sebesar 51-100% dana THR mereka untuk memenuhi kebutuhan Ramadhan dan Lebaran,” ungkap Indra Yonathan, Country General Manager ShopBack Indonesia, dalam siaran persnya.

Merujuk pada data-data itu, pemain-pemain e-commerce bisa semakin mudah dalam mengonsep promosinya agar lebih tepat sasaran. ShopBack Indonesia sendiri, kata Yonathan, membuat program Gebyar Ramadhan Online dnegan harapan dapat membantu konsumen dalam memenuhi kebutuhan-kebutuhan mereka selama Ramadhan dan Lebaran secara lebih hemat.●

NRP | TechnoBusiness IDFoto-Foto: ShopBack