Berpotensi Bantu Petani, Beehive Drones Wakili Indonesia ke Kancah Asia Pasifik

Jakarta, TechnoBusiness ID Karena dinilai berpotensi membantu para petani dalam meningkatkan hasil panennya, aplikasi Beehive Drone Agriculture berhasil menjadi juara Imagine Cup 2018 Indonesia, kompetisi yang diadakan oleh Microsoft Indonesia.

 

Baca Juga: “YouTube-nya China” Raih 62,59 Juta Pelanggan Berbayar

 

Beehive Drone mengalahkan empat finalis lainnya, yakni (1) Carepol, sistem pemantau polusi perkotaan terpadu, dari Universitas Komputer Indonesia; (2) FishGator, platform inkubator ikan berbasis Internet of Things, dari Universitas AMIKOM Yogyakarta.

(3) ViaChat, chatbot pendamping belajar, dari Tim Ratatouille, Institut Teknologi Bandung; (4) Dr. Tania, chatbot yang membantu mengidentifikasi penyakit tanaman, dari Tim Taleus, Institut Teknologi Bandung.

Baca Juga  Peringati HUT Ke-29, Lintasarta Sumbangkan Ambulans ke IZI
Beehive Drone Agriculture, pemenang Imagine Cup 2018 Indonesia.

Beehive Drones Agriculture dirancang oleh Tim Beehive Drones, pelajar Indonesia yang sedang menempuh pendidikan di University of Manchester. Tim tersebut berhasil membuktikan memiliki code with a purpose dalam proyek mereka.

Proyek mereka berupa sistem drone yang mampu memantau perkembangan pertanian dan dapat diakses dengan mudah melalui aplikasi mobile.

“Visi kami adalah sebagai solusi inovatif melalui penerapan teknologi seperangkat drone berbasis Internet of Things untuk memecahkan masalah peningkatan permintaan akan makanan,” ungkap Hilton Tnunay, salah satu anggota tim. “Kami tidak sabar untuk menampilkan proyek kami kepada masyarakat luas bulan depan.”

Setelah memperoleh hadiah Rp10 juta di babak Imagine Cup tingkat nasional, Deehive Drones Agriculture maju sebagai finalis Imagine Cup 2018 Asia Pacific Finals di Kuala Lumpur, Malaysia, pada 2-5 April 2018.

Baca Juga  Bingung Cari Makanan Halal di Luar Negeri? Tanya Sofia Saja

“Kami percaya pada potensi generasi muda Indonesia untuk menjadi generasi pengembang, inovator, dan wirausaha di masa depan,” ujar Irving Hutagalung, Audience Evangelism Manager dan Commercial Software Engineering Microsoft Indonesia.

Jika berhasil mengalah wakil dari negara-negara kawasan ini, Beehive Drone Agriculture berpeluang memperoleh hadiah sebesar US$100.000 dalam ajang Imagine Cup World Finals 2018 yang diselenggarakan di kantor pusat Microsoft di Seattle, Amerika Serikat, Juli mendatang.

—Ivan Darmawan, TechnoBusiness ID ● Foto-Foto: Microsoft

 


Artikel Asli