Batas.id ~ PONOROGO-(01/10/16)-Selain kota REOG, Ponorogo juga merupakan kota pendekar silat. Tidak bisa dipungkiri karena Ponorogo berdampingan dengan kota Madiun yang merupakan kampung pesilat. Di Indonesia, organisasi pencak silat yang tergabung dalam Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) pusatnya adalah Madiun, seperti Persaudaraan Setia Hati Terate (PSHT), Persaudaraan Setia Hati Winongo Tunas Muda (PSHWTM), IKS PI Kera Sakti, Ki Ageng Pandan Alas, Cempaka Putih, Pagar Nusa dan masih banyak yang lainya.yang berpusat di Madiun.

pendekar-1

Dalam rangka menyambut 1 Muharam 1438 H atau dalam istilah jawa disebut Grebek Syuro, para pendekar silat ini sengaja di undang Panitia untuk memeriahkan dan mengawal jalannya pentas budaya Grebek Syuro ini.
Komunitas Pencak Silat atau yang terkenal dengan sebutan Pasukan Perdamaian Pencak Silat Indonesia (PPPSI), hadir dan memeriahkan jalanya kirab budaya dengan menampilkan gerakan silat di jalan dan disaksikan ribuan penonton yang hadir.

Baca Juga  Pendekar Silat Magetan Peduli Aceh

pendekar-2

Organisasi PPPSI ini adalah gabungan antar pendekar silat yang cinta damai, terlahirnya PPPSI ini dikarenakan dulu sering terjadi gesekan antar pendekar silat yang ada di Indonesia, khususnya Ponorogo dan Madiun.
Dalam kesempatan ini tim Batas.id menemui pengurus PPPSI kota Ponorogo yaitu Bapak Muhammad Supriyono, beliau menuturkan hadirnya PPPSI di sini selain memenuhi undangan panitia, sengaja untuk memperlihatkan pada masyarakat, bahwa sesungguhnya para pendekar silat sangat mencintai kebersamaan dalam kegiatan apapun.

pendekar-3

Adanya gesekan-gesekan yang pernah terjadi dulu karena kurangnya jalinan silaturahmi antar pendekar silat satu dengan pendekar silat lainya. Dengan lahirnya PPPSI ini beliau berharap kalau terjadi gesekan antar oknum pendekar silat di selesaikan dengan kepala dingin dan kekeluargaan, beliau siap untuk menjembatani, mempertemukan dan mendamaikan kalau terjadi gesekan antar oknum pendekar silat, pungkasnya.

Baca Juga  Pendekar Silat Madiun Peduli Aceh

 

Siswandi-batas.id