Bitcoin Diamond Mulai Diperjualbelikan di Indodax

Jakarta, TechnoBusiness ID Setelah memperjualbelikan 13 mata uang digital (cryptocurrency) dengan rupiah (IDR Markets) dan 10 dengan BTC Markets, kini Indodax menambah dua kripto baru, yakni Bitcoin Diamond (BTD) dan Cardano (ADA).

 

Baca Juga: Keperkasaan Bitcoin Hari Ini Runtuh. Bisakah Naik Lagi?

 

Para investor—kalau tidak ingin disebutkan spekulan—mata uang digital di Tanah Air mulai bisa membeli Bitcoin Diamond dan Cardano mulai Jumat (6/4) jam 3 sore.

Mata uang digital yang diperdagangkan di Indodax per Jumat (6/4) jam 11.00 WIB.

Untuk memfasilitasi itu, Indodax telah membuka wallet BCD dan ADA sejak jam 9 pagi. Bursa jual beli Bitcoin dan sejenisnya itu menetapkan komisi (fee) jual beli kedua mata uang digital tersebut sama dengan yang lainnya, yakni 0,3% untuk market taker dan 0% untuk market maker.

Menurut penjelasan Indodax hari ini, Bitcoin Diamond tersebut merupakan mata uang digital hasil hardfork Bitcoin pada 24 November 2017 lalu.

Jadi, jika investor memiliki saldo Bitcoin di Bitcoin.co.id pada saat blok Bitcoin nomor 495.866 terbit, maka mereka akan mendapatkan distribusi Bitcoin Diamond dengan rasio 1:10.

Sementara itu, Cardano merupakan sebuah platform smart contract yang saat ini termasuk top 10 aset digital yang paling banyak diperdagangkan di seluruh dunia.

Mata uang digital Bitcoin dan alternatif koin lainnya memang menarik diperjualbelikan, tapi tidak sedikit analis yang berpendapat bahwa itu masih bersifat spekulasi, bukan investasi.

TechnoBusiness Insight, analisis data oleh tim riset dan analis dari TechnoBusiness Media, bahkan sering kali menyatakan kejayaan Bitcoin telah mencapai puncaknya pada pertengahan Desember 2017 dan sulit kembali.

—Ivan Darmawan, TechnoBusiness ID ● Foto-Foto: Istimewa

 

Artikel Asli