batas.id~JAKARTA–Guna memberikan pelayanan kepada masyarakat dalam pembuatan Kartu Tanda Penduduk (KTP), saat ini Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) telah melakukan pendistribusian blanko KTP elektronik  (E KTP) sejak akhir Maret 2017.

Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo mengatakan, proses pendistribusian blanko KTP elektronik ini akan dilakukan secara bertahap.
“April ini sudah mulai bertahap didistribusikan ke daerah,” ungkap Mendagri, di Jakarta, Senin (3/4).

Kemendagri juga sudah melakukan teken kontrak dengan perusahaan yang menang tender proyek pembuatan KTP el ini. Adapun perusahaan tersebut, berasal dari dalam negeri bukan dari luar negeri.

“April sudah mulai cetak dan dikerjakan oleh perusahaan dalam negeri,” tandasnya.
Terkait dengan Surat Keterangan (suket) yang sudah diberikan kepada masyarakat pada saat pengajuan KTP elektronik dalam proses pembuatan yang sebelumnya belum mendapatkan blanko ini, dapat ditukarkan dengan KTP elektronik bagi mereka yang sudah merekam data.

Baca Juga  Balon Walikota ini Gagas 6 Pilar Utama Smart City, Kebahagian Warga Bekasi Jadi Sasaran 

Sebelumnya, secara nasional sebanyak 4,5 juta penduduk Indonesia yang berstatus Print Ready Record (PRR) alias belum mendapatkan blanko KTP elektronik, namun sudah melakukan perekaman data.

Sumber : Humas Puspen Kemendagri