Batas.id~Solo- Bopeng bekas jerawat sering menjadi salah satu alasan mengapa orang tidak tampil percaya diri. Banyak sekali orang yang mengalami masalah ini, terlebih lagi ketika mengalami kondisi jerawat parah. Penyebab dari bopeng ini sendiri biasanya muncul karena kebiasaan buruk dari penderitanya, di mana mereka menggaruk jerawat bahkan memencetnya pada saat jerawat masih meradang.

Ketika jerawat pecah dengan cara dipencet inilah menyebabkan kelenjar minyak yang ada dalam kelenjar kulit dalam ikut pecah lalu membuat luka muncul yang biasa disebut dengan jaringan parut.

Jaringan parut inilah yang nantinya menyebabkan bopeng bekas jerawat pada wajah. Di mana bopeng ini akan membuat wajah mendapatkan bekas luka cekung. Bagi Anda yang mengalami bekas jerawat seperti ini ada beberapa tips yang mungkin dapat Anda gunakan.

Jeruk Nipis Dan Madu

Cara pertama yang dapat Anda untuk menghilangkan bopeng jerawat pada wajah adalah dengan menggunakan madu dan jeruk nipis.

Untuk menggunakannya cukup mudah yaitu dengan mencampurkan satu sendok makan madu dan satu sendok makan air perasan jeruk nipis. Setelah itu Anda cukup mengoleskannya pada seluruh wajah yang terdapat bopeng. Tunggu 20 hingga 30 menit lalu bilas dengan air bersih.

Campuran kedua bahan tersebut dipercaya sangat ampuh mengatasi bekas jerawat pada wajah.

Photo From Honestdocs

Tomat Dan Mentimun

Ternyata tomat dan mentimun pun dapat digunakan sebagai bahan untuk menghilangkan bekas bopeng akibat jerawat. Anda dapat mengkonsumsi tomat dan mentimun secara teratur untuk menghilangkan bekas jerawat.

Menggunakan tomat dan mentimun untuk dijadikan masker pun dapat dilakukan untuk dapat menghilangkan bopeng jerawat pada wajah. Caranya cukup mudah yaitu dengan menghaluskan kedua bahan tersebut lalu oleskan pada seluruh wajah secara merata. Tunggu hingga 30 menit baru bilas dengan menggunakan air bersih. Anda dapat menggunakan masker alami ini dengan rutin yaitu 3 kali dalam seminggu.

Lidah Buaya

Tidak ada yang meragukan lagi khasiat lidah buaya untuk kesehatan dan juga kecantikan. Lidah buaya mengandung banyak sekali vitamin yang sangat baik untuk kulit, di mana juga mampu untuk menghilangkan bopeng bekas jerawat.  

Caranya pun sangat mudah, Anda dapat mengupas kulit lidah buaya dan mengoleskan cairannya keseluruh wajah. Tunggu sekitar 50 menit hingga cairan mengering lalu bilas dengan air bersih. Untuk mendapatkan hasil maksimal Anda dapat menggunakan air hangat dan menggunakan masker ini secara rutin.

Cara Mencegah Bopeng Bekas Jerawat Pada Wajah

Jika Anda mengalami jerawat yang termasuk parah, Anda dapat melakukan beberapa cara pencegahan agar tidak mendapatkan bopeng akibat jerawat ini.

Hal pertama yang perlu anda lakukan adalah jangan menyentuh jerawat. Menyentuh jerawat yang masih meradang dengan tangan secara langsung sebaiknya tidak dilakukan. Hal ini sendiri dikarenakan jerawat yang meradang dapat terkena kuman dari tangan yang kita sendiri tidak menyadari habis menyentuh barang-barang yang terkena kotoran atau debu. Lebih baik selalu membersihkan tangan dan jangan secara sengaja menyentuh jerawat.

Untuk mencegah bopeng pada wajah karena jerawat juga dapat Anda cegah dengan selalu membersihkan jerawat yang sudah pecah. Anda dapat mengoleskan wajah menggunakan kapas yang sudah dibasahi toner. Hal ini sendiri untuk mencegah penyebaran bakteri yang ada pada jerawat yang pecah tersebut.

Ketika Anda sedang berjerwat lebih tidak menggunakan produk kosmetik. Hal ini sendiri untuk mencegah terjadinya infeksi ataupun peradangan yang lebih parah akibat bahan kimia yang terkandung. Usahakan Anda membersihkan wajah dengan perlahan dan lembut, jangan terlalu kencang agar tidak membuat jerawat pecah ataupun semakin meradang.

Iika merasa bahwa jerawat semakin parah tidak ada salahnya Anda berkunjung ke klinik kecantikan atau dokter kulit untuk mendapatkan perawatan yang tepat.

Sumber : www.liputan6.com/tags/tips-kecantikan

Dina Meidiana-Batas.id