Ratusan kendaraan terjebak kemacetan menjelang Gerbang Tol Kaligangsa yang mengarah ke Jalan Tol Fungsional Brebes Batang di Brebes, Jawa Tengah, Rabu, 21 Juni 2017. Memasuki H-4 Idulfitri volume kendaraan pemudik terus mengalami peningkatan. ANTARA/Akbar Nugroho Gumay

Brebes – Jalan tol fungsional Brebes-Batang akhirnya kembali dibuka seiring meningkatnya volume kendaraan mudik 2017 yang masuk di tol Brebes Exit disingkat Brexit. Sebelumnya jalan tol darurat itu sempat ditutup selama beberapa jam lantaran minim rambu dan penerangan sehingga rawan kecelakaan.

Pantauan Tempo, Rabu malam, 21 Juni 2017 dari pukul 21.00 hingga Kamis 22 Juni 2017 pada pukul 11.00, volume kendaraan yang akan keluar Brexit terus melonjak. Kendaraan yang mengantre di tol pembayaran mengular hingga lebih dari 3 kilometer.

Penumpukan ini diduga karena ada limpahan kendaraan dari Palimanan Jawa Barat yang sebelumnya sempat mengantre 14 kikometer sudah tiba di Brexit.

Kepala Satuan Tugas (Kasatgas) Tol Fungsional Brebes-Batang, Komisaris Besar Djarod Padakova menjelaskan jalan tol sepanjang 110 kilometer itu terpaksa dibuka karena Brexit sudah tidak mampu lagi menampung kendaraan. “Untuk mengurai kemacetan di Brexit, kami terpaksa membukanya (Tol Brebes-Batang) lagi,” kata dia saat ditemui di Brexit, Rabu malam, 21 Juni 2017.

Baca Juga  Info Orang Hilang

Namun, lanjut Djarod, pembukaan jalan tol itu hanya sampai Sewaka, Pemalang saja. Dari Pemalang hingga Batang tetap ditutup. Sebab, kondisi yang rawan kecelakaan berada di sepanjang ruas itu.

Setelah masuk tol darurat, pemudik dengan tujuan Tegal dan sekitarnya bisa melalui pintu keluar Ujungrusi, Kabupaten Tegal, yang lokasinya hanya 100 meter dari rest area pertama.

Kasatlantas Kepolisian Resort Brebes, AKP Arfan Zulkan Sipayung mengatakam, jika Brexit padat pola itu akan terus dilakukan selama beberapa hari ke depan. Kepolisian menduga kepadatan arus lalu lintas mudik 2017 akan terus meningkat hingga Sabtu lusa 24 Juni 2017. “Puncaknya diprediksi Jumat,” katanya.

| TEMPO.CO