BATAS.ID~Wonogiri–Wonogiri merupakan sebuah kabupaten yang terletak di wilayah administratif Jawa Tengah. Dengan wilayah yang dikelilingi banyak bukit dan pegunungan, menjadikan Wonogiri menjadi salah satu tempat yang menarik untuk spot selfie sekaligus menikmati pemandangan alam pegunungan yang asri. Selain Waduk Gajah Mungkur sebagai salah satu icon pariwisata, Wonogiri juga memiliki beberapa wisata pantai dan alam yang sangat bagus.

Seiringin perkembangan zaman dan teknologi khususnya komunikasi dan informasi, serta makin maraknya pengguna sosial media, para kaum milenial makin gencar mencari spot foto yang indah dan menarik untuk di posting di feed akun social media mereka.

Saat ini di beberapa wilayah Wonogiri bermunculan beberapa tempat wisata yang hits dan sangat menarik untuk dijadikan spot foto. Salah satunya yang terbaru adalah Bukit Kejora.

Bukit Kejora berada di Jalan Hargopuro Desa Bugelan Kecamatan Kismantoro Kabupaten Wonogiri. Wilayah tempat wisata ini adalah perbatasan antara Desa Nggroto dengan Desa Bugelan. Untuk sampai ke Bukit Kejora bisa menggunakan mobil atau motor. Hanya saja untuk mobil belum ada tempat parkir yang memadai, atau harus berjalan sekitar 500 meter dari tempat parkir mobil ke tujuan jika parkir di dekat pintu masuk penuh.Untuk fasilitas sudah di lengkapi dengan caffe/warung kopi yang menjual makanan mulai dari cemilan, makanan berat, dan macam-macam minuman. Ada juga wisata bermain anak-anak, beberapa bingkai spot foto di setiap sudut.Fasilitas umum seperti toilet baru disediakan toilet darurat dan untuk ibadah/sholat bisa dilaksanakan di posko Bina Remaja Bugelan (BRB).Yang menarik, kondisi alam masih sangat asri, tidak mengubah bentuk asal bukit, dan di tempat tersebut tidak diizinkan menjual makanan/minuman dengan bungkus plastik karna khawatir akan merusak alam dengan sampah yang berserakan nantinya, walaupun tiap sudut telah disediakan tempat sampah. Harapannya adalah mengeksplor keindahan alam tanpa merusak alam itu sendiri.HTM untuk masuk ke wisata ini sangat terjangkau, hanya dengan Rp 5.000 sudah bisa selfie dan menikmati fasilitas yang ada, kecuali wahanan bermain anak atau sesuai ketentuan yang berlaku.

Di Bukit Kejora ini nantinya setiap Hari Besar akan menghadirkan suguhan menarik. Seperti lebaran Idul Fitri kali ini Bukit Kejora menyuguhkan tontonan Tari Gambyong dan Kethek Ogleng untuk menghibur para wisatawan yang hadir, tanpa dipungut biaya tambahan.Selain wisata alam, di Bukit Kejora ini juga diperbolehkan sebagai tempat untuk menggelar acara, seperti pada buka puasa kemarin diadakan acara buka puasa bersama yang dihadiri oleh sekitar 50 orang.

Jadi untuk kalian para penikmat pemandangan alam yang tinggal di daerah Wonogiri dan sekitarnya, jika ingin jalan-jalan indah murah meriah boleh dicoba untuk mengunjungi wisata yang satu ini.

SKA