Clova Auto Lengkapi Kendaraan Cerdas Toyota

Tokyo, TechnoBusiness ● Line Corporation (NYSE: LN/TSE:3938), penyedia aplikasi pesan global asal Jepang yang didirikan pada Juni 2011, mengumumkan bahwa Clova, asisten berbasis artificial intelligence (AI) buatannya, akan melengkapi jajaran kendaraan Smart Device Link Toyota Motor Corporation.

Baca Juga: Lima Perubahan Paling Terpengaruh Teknologi AI di Asia

Kendaraan Toyota yang didukung oleh Clova Auto, teknologi AI buatan Line Corporation.

Menurut rencana, pembenaman teknologi AI Clova ke kendaraan model terbaru Toyota itu akan dilakukan mulai musim dingin 2018. Berdasarkan catatan TechnoBusiness, kolaborasi tersebut bukan secara tiba-tiba. Kedua perusahaan sudah sama-sama mengumumkan kerja sama tersebut.

Line telah mengabarkan rencana penggunaan teknologi AI-nya oleh Toyota itu di hadapan hadirin Line Conference pada 2017. Ketika pagelaran pameran otomotif Tokyo Motor Show yang juga tahun lalu, mereka secara bersama-sama mendemonstrasikan manfaat teknologi tersebut.

Dalam demo saat itu dan penjelasan Line terbaru, Clova Auto memungkinkan pengguna kendaraan memantau kondisi rumahnya dari kejauhan. Misalnya, menghidupkan atau mematikan listrik di rumah, mengetahui cuaca di sekitar atau tempat tujuan, dan sejenisnya.

Sama seperti teknologi AI yang mendukung otomotif lainnya, Clova juga bisa memudahkan pengendara menelepon dan menerima pesan melalui aplikasi Line secara cuma-cuma, dan mendengarkan musik di Line Music. Semua itu bisa dilakukan tanpa harus takut kehilangan konsentrasi berkendara karena dapat dioperasikan melalui perintah suara.●

—Akihiro Arata, TechnoBusiness ● Foto-Foto: Line

 

Artikel Asli