BATAS.ID~Solo- Indonesia sebagai negara yang memiliki iklim tropis tentu saja memberikan efek kepada tubuh salah satunya adalah berkeringat. Berkeringat memang salah satu metabolisme tubuh yang tidak dapat dihindari, akan tetapi jika cuaca terlalu panas dan menyebabkan keringat muncul secara berlebihan tentu akan menganggu. Terlebih jika memiliki aktivitas yang mengharuskan Anda untuk selalu tampil fresh dan juga rapi, tentu saja akan mencari cara agar dapat tidak berkeringat dengan cepat. Salah satu cara agar dapat mencegah keringat berlebih adalah dengan pemilihan pakaian, di mana dengan memilih pakaian yang tepat akan membantu tubuh untuk tidak cepat berkeringat.

Berikut ini adalah tips berpakaian agar membantu tubuh untuk tidak cepat berkeringat yang dilansir dari Hellosehat :

Tips Berpakaian Agar Tidak Cepat Berkeringat  

  1. Pilih Bahan Yang Tepat

Tips pertama adalah dengan pemilihan bahan yang tepat. Bahan pakaian memang sangatlah banyak, di mana setiap bahan memiliki karakteristik tersendiri. Untuk menghadapi cuaca panas lebih baik memilih pakaian yang berbahan katun atau linen, di mana kedua bahan tersebut menyerap keringat dengan sangat baik dan juga memiliki sirkulasi udara yang bagus sehingga keringat tidak cepat muncul. Hindari bahan pakaian dari sutra atau wol yang memang terkenal tidak dapat menyerap keringat dengan baik.

  • Ketebalan Pakaian

Setiap pakaian sendiri memiliki ketebalan yang berbeda-beda, di mana untuk iklim Indonesia memang sangat cocok untuk menggunakan bahan yang tidak terlalu tebal atau cenderung ke tipis. Memilih pakaian dengan bahan yang tebal akan membuat panas tubuh meningkat dengan cepat sehingga akan menyebabkan keringat muncul dengan cepat. Bahan yang tipis sendiri akan membuat kulit dapat bernapas dengan lega dan juga membuat suhu tubuh tidak kepanasan.

  • Warna Pakaian

Ya, warna pakaian yang Anda pilih sendiri juga dapat mempengaruhi produksi keringat tubuh pada saat cuaca panas. Ada baiknya Anda memilih warna pakaian yang cerah seperti putih, pink, light blue dan warna cerah lainnya, di mana warna-warna tersebut memiliki sifat dapat memantulkan cahaya sehingga terik matahari tidak akan menyerap ke dalam pakaian dan membuat tubuh panas. Hindari pemakain pakaian dengan warna yang gelap, karena warna gelap dapat menyerap panas sehingga suhu tubuh meningkat dan menghasilkan keringat lebih cepat.

  • Ukuran Lebih Besar

Tips terakhir untuk membuat Anda tidak cepat berkeringat dalam cuaca panas adalah dengan memilih pakaian yang memiliki ukuran lebih besar dari tubuh. Hal ini sendiri dikarenakan pakaian yang ketat akan membuat kulit tidak mendapatkan sirkulasi udara yang cukup dan membuat panas tubuh meningkat sehingga keringat pun cepat muncul. Dengan menggunakan pakaian yang longgar maka akan memberikan kesempatan kulit untuk bernapas dan juga membuat kulit lebih terjaga suhunya.

Itu adalah beberapa tips dalam memilih pakaian agar membuat tubuh tidak cepat berkeringat ketika cuaca sedang panas. Selain memilih pakaian yang tepat, Anda juga dapat menggunakan aksesori tambahan seperti topi atau kacamata hitam untuk menghindari terik matahari dan juga membuat kepala terlindung dari panas.

Sumber : Hellosehat

Dina Meidiana-BATAS.ID