Sepasang pengantin jawa ditampilkan diacara pawai budaya/foto:gunawan w @batas.id

BATAS.ID~WONOGIRI–Kecamatan Kismantoro menggelar pawai budaya pada Selasa (22/8/2017), kemarin, yang merupakan rangkaian kegiatan memperingati HUT ke-72 Kemerdekaan Republik Indonesia Tahun 2017.

Pawai budaya berlangsung sejak pukul 12.00 WIB hingga selesai dengan lancar, tertib dan aman sekitar pukul 17.30 WIB.

Kegiatan pawai ini merupakan yang kedua kalinya, setelah tahun lalu sukses digelar dalam agenda yang sama, yakni memperingati HUT Kemerdekaan Republik Indonesia, dengan memperebutkan piala tetap dari Bupati Wonogiri.

Sekretaris Camat Kismantoro, Sularto, S.I.P., M.Hum., sekaligus selaku Plh. Camat Kismantoro, yang ditemui disela-sela kegiatan pawai, menyampaikan bahwa untuk pawai tahun ini dibagi dalam dua titik lokasi pemberangkatan yang dimaksudkan untuk mengurangi kemacetan di jalan raya.

“Kali ini diseting untuk pemberangkatan peserta pawai dibagi menjadi dua, yang lima desa start dari lapangan Desa Miri dan yang lima desa dari lapangan Desa Gedawung,” ungkap Sularto.

Salah satu penampilan peserta pawai/foto:gunawan w @batas.id

Hal senada juga disampaikan oleh Ketua Umum Panitia Peringatan HUT RI, Suhari, M.Pd., bahwa kontingen pawai budaya dibagi dua, dari sektor utara lima desa dan di sektor selatan lima desa.

“Dari sektor utara Desa Gedawung, Desa Gambiranom, Desa Ngroto, Desa Bugelan dan Kelurahan Gesing, sedangkan dari sektor selatan ada Desa Miri, Desa Plosorejo, Desa Lemahbang, Kelurahan Kismantoro dan Desa Pucung,” jelas Suhari.

Pawai budaya berlangsung aman, tertib dan sangat meriah, berbagai macam potensi budaya yang ada di Kecamatan Kismantoro ditampilkan secara maksimal. Dari start pemberangkatan di dua titik lokasi tersebut, semua peserta pawai menuju finish di lapangan sepak bola Kecamatan Kismantoro. (gw)