batas.id~JAKARTA-Pabrikan air conditioner (AC) ternama asal Jepang, PT. Panasonic Manufactur Indonesia (PMI), mengandeng Asosiasi Praktisi Pendingin dan Tata Udara Indonesia (Apitu Indonesia) untuk memberikan pelayanan maksimal kepada konsumennya.

Kepercayaan diri, pemahaman terhadap produk dan kemampuan teknisi adalah hal penting yang harus dimiliki oleh setiap teknisi untuk memberikan pelayanan yang baik dalam mewujudkan kepuasan pelangan, khususnya pengguna produk AC Panasonic, karena itulah, pabrikan AC ternama asal Jepang ini memeberikan training kepada anggota Apitu Indonesia mengenai pemahaman tehadap produk AC Panasonic, peralatan yang di perlukan dan penanganan permasalahan yang mungkin timbul di lapangan serta penanganannya.

Peserta Konpetisi Instalasi AC mendapat hadiah dari Panasonic/foto nrp ©batas.id

Training reguler yang di selenggarakan oleh PT. PMI  untuk anggota Apitu Indonesia ini dikemas dalam bentuk seminar yang bertajuk “Seminar Panasonic Air Conditioner Gathering & Sharing” di ruang serba guna komplek PT. PMI di Jalan Raya Bogor KM. 29 Gandaria, Pekayon Jakarta (16/01/2017).

Baca Juga  Rakernas Apitu Indonesia 2016

Nurianto Adi Pradigdo, Market Quality AC Business Unit, dalam kesempatan ini memberikan materi pelatihan dasar pendingin pada AC split, langkah dan prosedur instalasi AC dan troubleshooting AC split.

Menurut Nurianto, pemasangan AC harus sesuai prosedur yang benar, mengikuti alur proses yang tepat supaya tidak terjadi kesalahan dalam instalasi atau pemasangan, berikut alur proses pemasangan AC split menurutnya :

“Pertama Estimasi Beban+BTU, Pemilihan Lokasi, Persiapan Alat, Pemasangan Instaling Holder, Membuat lubang Instalasi, Pengerjaan Pipa, Pemasangan Kelistrikan, Proses Vakum, Tes Pembuangan Air dan terakhir Hidupkan”

Para teknisi yang tergabung dalam Apitu Indonesia adalah ujung tombak dari sebuah produk AC untuk mendapatkan kepercayaan konsumen, untuk itu PT. PMI menggandeng Apitu untuk memberikan pelayanan yang terbaik kepada konsumen dengan membekali para teknisi dengan pengetahuan produk AC Panasonic, pemahaman peralatan dan peningkatan skill, dengan tujuan akhir kepuasan pelanggan. (nrp)