Batas.id~JAKARTA-Badan Kepegawaian Negara (BKN) menjamin tidak ada yang namanya CPNS titipan dari siapapun, dengan diterapkannya sisitem Computer Assisted Test (CAT). Yaitu suatu sistem yang dibangun untuk rekrutmen dan seleksi pegawai berbasis kompetensi secara komputerisasi, dalam upaya mewujudkan tuntutan masyarakat dalam perekrutan PNS yang adil, sekaligus sebagai sarana untuk menghasilkan tenaga yang professional, yang terdiri atas Tes Wawasan Kebangsaan (TKW), Tes Kompetensi Dasar (TKD) dan Tes Kompetensi Kepegawaian (TKK).

gedung kantor bkn
gedung kantor bkn

Hal tersebut diungkapkan oleh Kasubdit Perancangan Peraturan Perundang-undangan Bidang Pembinaan Karir dan Disiplin Pegawai ASN, Dedi Herdi, dihadapan puluhan mahasiswa Universitas Surakarta (Unsa) pada Kamis (22/9/2016) kemarin. Puluhan mahasiswa Universitas Surakarta (Unsa) tersebut melakukan kunjungan ke kantor BKN pusat di Jl. Mayjend. Sutoyo No. 12 Cililitan Jakarta Timur 13640, dalam rangka untuk merealisasikan mata kuliah Kuliah Kerja Administrasi (KKA) pada program studi Administrasi Negara dan mata kuliah Kuliah Kerja Komunikasi (KKK) pada program studi Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Surakarta (Unsa).

Baca Juga  Silaturahmi Hj. Laila Istiani, DPR RI Komisi X di SMK Muhammadiyah 5 Purwantoro
mahasiswa dan dosen unsa
mahasiswa dan dosen unsa

Hadir pada acara tersebut sejumlah pejabat BKN di antaranya yakni kepala Bagian Hubungan Media dan Pengaduan Masyarakat, Herman, Kasubdit Perancangan Peraturan Perundang-undangan Bidang Pembinaan Karir dan Disiplin Pegawai ASN, Dedi Herdi, Kepala Seksi Penyusunan Perancangan Peraturan Perundang-undangan Bidang Pembinaan Karir, Achmad Aniq Kasubbid Sertifikasi dan Pelaporan Seleksi, Afriani dan Kabid Pengelolaan Teknologi Informasi Seleksi Yudhantoro Bayu Wiratmoko serta dari pihak Unsa melibatkan Wakil Rektor I Drs. Joko Sutanto, M.Si. beserta beberapa dosen FISIP Unsa.

salah satu mahasiswa mengajukan pertanyaan
salah satu mahasiswa mengajukan pertanyaan

Selain menjelaskan tentang tugas pokok dan fungsi bagian kehumasan Bedan Kepegawaian Negara, dalam kesempatan tersebut juga diuraikan tentang Computer Assisted Test (CAT), sistem test CPNS berbasis komputerisasi yang berada dibawah Direktorat Rekrutmen dan Kinerja Pegawai dengan tujuan yaitu untuk mempercepat proses pemeriksaan dan laporan hasil ujian, untuk menciptakan standarisasi hasil ujian secara nasional dan untuk mewujudkan transparansi, obyektifitas, akuntabel dan bebas korupsi kolusi dan nepotisme.

Baca Juga  Lagi, Longsor di Pulung Ponorogo Timbun Tiga Rumah Warga
para mahasiswa diberi penjelasan cara mengoprasikan aplikasi CAT
para mahasiswa diberi penjelasan cara mengoprasikan aplikasi CAT

Selain itu, dengan sistem ini, semua soal akan dijamin kerahasiaannya karena keseluruhan soal yang ada didalam sistem berjumlah kurang lebih sekitar 20.000 soal, yang diacak secara sistematis. Sistem CAT memiliki karakteristik yaitu aplikasi dijalankan pada komputer dengan Platform Windows berbasis WEB guna mempermudah pengembangan jangka panjang, aplikasi menggunakan narasi untuk menjelaskan bahasan yang disajikan pada monitor computer dan aplikasi disertai video gerakan mouse, sehingga pengguna dapat dengan mudah menggunakannya.

tiga mahasiswa unsa yang terbaik mendapatkan kenang-kenangan dari bkn
tiga mahasiswa unsa yang terbaik mendapatkan kenang-kenangan dari bkn

Puluhan mahasiswa Unsa dan beberapa dosen diberi kesempatan untuk mencoba mengikuti test dengan sistem CAT ini. Satu orang satu komputer untuk mengerjakan soal berjumlah lima puluh soal dalam waktu 30 menit. Dan bagi peserta tiga terbaik dengan jumlah nilai yang tertinggi mendapatkan kenang-kenangan dari BKN.

Baca Juga  Kejuaraan Pencak Silat Kapolda Jatim Cup 2016 se-Jawa Timur

Gunawan Wibisono–batas.id