Pada 13 Desember, satu media melaporkan bahwa Jaksa Penuntut telah menemukan bukti manipulasi peringkat tambahan untuk musim pertama “Produce 101.”

Menurut surat dakwaan tertulis yang diajukan Kantor Kejaksaan Distrik Pusat Seoul ke Majelis Nasional pada 3 Desember, Jaksa Penuntut mendakwa Ahn Joon Young (direktur produksi seri “Produce”) dan Kim Yong Bum (kepala produser) dengan berkonspirasi untuk mengganggu dalam bisnis memilih, melatih, dan memulai debut grup idol CJ ENM. Ini diungkapkan dengan cara yang menunjukkan bahwa Ahn Joon Young dan Kim Yong Bum bertindak sendiri dan bahwa CJ ENM adalah korban.

Namun, outlet media melaporkan bahwa anggota staf produksi lain mengubah peringkat anggota I.O.I, yang menunjukkan bahwa ini bukan masalah anggota staf individu tetapi masalah struktural di CJ ENM.

Menurut surat dakwaan tertulis, Ahn Joon Young datang dengan daftar peserta pelatihan pada Februari 2016, selama musim pertama “Produce 101,” dan memanipulasi hasil pemungutan suara untuk menghapus dua peserta pelatihan yang memiliki peringkat dalam Top 61 dan untuk menggantikan mereka dengan dua peserta pelatihan yang telah berada di luar Top 61. Dia memberikan hasil yang dimanipulasi kepada penyiar, yang tidak tahu tentang hasil pemungutan suara. Ini adalah satu-satunya hal yang dituduhkan Ahn sehubungan dengan Musim 1.

Namun Media Today memperoleh salinan pernyataan penjelas kejaksaan untuk tanpa dakwaan, di mana jaksa menyatakan bahwa staf produksi “Produce 101” memanipulasi suara untuk siaran langsung final Season 1 pada April 2016. Ini termasuk kedua suara online yang dilemparkan sebelum final dan suara teks yang dikirim selama final. Mereka mengubah suara dan memanipulasi peringkat sehingga satu peserta pelatihan yang memiliki peringkat di Top 11 (“A”) dihapus dan satu peserta pelatihan yang tidak peringkat di Top 11 (“B”) dimasukkan. Ini tidak termasuk dalam surat dakwaan tertulis yang dikirim jaksa ke Majelis Nasional.

Dalam pernyataan penjelas untuk tanpa dakwaan, jaksa mengatakan, “Terdakwa (Ahn Joon Young) adalah direktur producer utama untuk “Produce 101″ Season 1. Dia mengakui bahwa selama final, di mana anggota akhir untuk debut dipilih, pemilihan hasilnya dimanipulasi sehingga peringkat ‘A’ dan ‘B’ diaktifkan dan ‘B’ dapat debut dengan I.O.I Namun, terdakwa mengatakan bahwa dia sibuk mengedit rekaman selama siaran langsung dan mengurus bisnis transmisi dan tidak terlibat dalam proses penghitungan suara. Dia sangat membantah telah memanipulasi suara untuk peringkat akhir.”

Jaksa Penuntut melanjutkan, “Pada saat itu, ‘Produce 101’ Musim 1 dikelola oleh mantan produser CJ ENM ‘Han’ dan penulis utama ‘Park.’ Terdakwa mengklaim bahwa merekalah yang memanipulasi suara selama final dan bahwa dia tidak terlibat dalam bisnis, dan kami setuju dengan pernyataannya tentang situasi tersebut.” Inilah sebabnya mengapa Ahn tidak dituduh memanipulasi peringkat akhir Musim 1 dalam dakwaan resminya.

Sebuah sumber dari komisi kebenaran tentang kasus “Produce 101” Musim 1 dinyatakan melalui perwakilan hukum, “Beberapa dakwaan direkomendasikan untuk non-dakwaan, jadi kami memeriksa pernyataan penjelas untuk non-dakwaan dan menemukan bahwa salah satu anggota dari 11 final di Season 1 memiliki peringkat yang berubah. Melihat sebagai manipulasi terjadi pada awal Musim 1, tampaknya mereka tidak tertarik melakukan pertunjukan dengan benar sejak awal. Kami bertanya kepada jaksa tentang investigasi ke CP Musim 1, tetapi mereka tidak menanggapi.”

Seorang sumber dari komisi kebenaran tentang kasus “Produce 101” Musim 2-4 menyatakan, “PD Han adalah produsen utama Musim 1 dan tidak memikul tanggung jawab yang kecil untuk kasus ini. Dia perlu diselidiki secara menyeluruh sehingga dia dapat mengambil tanggung jawab. Dalam situasi ini, kami gagal melihat tanggung jawab serius dan kompensasi yang dijanjikan CJ ENM akan mereka ambil. CJ ENM perlu segera mengambil tanggung jawab.”

Mnet menanggapi laporan itu dengan menyatakan, “Kami tidak dapat memeriksa pernyataan penjelas atas non-dakwaan terhadap Ahn Joon Young sehingga kami tidak tahu isinya. Kami juga tidak memiliki pendapat apa-apa tentang produser utama Han.”

via: Soompi (koreanarea.com)

The post Dilaporkan Peringkat I.O.I Dimanipulasi Oleh Produser Lain + Mnet Beri Tanggapan appeared first on Korean Area.