BATAS.ID~Solo – Kura-kura Galapagos adalah salah satu species kura yang sudah dinyatakan punah beberapa tahun ini. Kepunahan hewan yang terkenal dengan umur panjangnya ini adalah karena eksploitasi besar-besaran yang dilakukan oleh manusia. Di mana daging kura-kura ini dikatakan sangat lezat.

Diketahui bahwa kura-kura Galapagos terakhir dengan naman George dari spesies Chelonoidis abingdonii telah mati pada tahun 2012 lalu di usia yang mencapai 102 tahun. Namun, ilmuwan sempat menemukan jenis kura-kura yang hampir mendekati genetikanya dengan George dan dipercaya sebagai keturunan langsungnya.

Seperti yang dilansir dari IFL Science pada laman Suara.com, tim ilmuwan dari Taman Nasional Galapagos dan Galapagos Conservancy juga menemukan kura-kura raksasa dari jenis species Chelonoidis niger yang berjumlah 29 ekor. Kelompok kura-kura ini terdiri dari 11 jantan dan 18 betina.

Para ilmuwan juga telah menyatakan menemukan kura-kura di Wolf Volcano, puncak tertinggi di Galapagos, di Pulau Isabela. Ada cerita bahwa banyak sekali kura-kura yang dibuang di tempat tersebut oleh para bajak laut dan pemburu paus untuk mengurangi muatan pada kapal. Diperkirakan lebih dari 10 ribu kura-kura tengah berada di lokasi tersebut.

Melestarikan kura-kura raksasa ini sendiri sangatlah penting, mengingat bahwa kura-kura mempunyai kemampuan untuk membantu menjaga lingkungan sekitarnya dengan cara mengendalikan tumbuhan disekitarnya seperti memakan, menginjak-nginjak serta menyebarkan benihnya.

Program pelestarian kura-kura dengan jenis Chelonoidis hoodensis ini telah dilakukan, dengan misi mengembang biakan dari 14 ekor menjadi 2000 ekor, seperti yang dilansir dari Suara.com.

Dina Meidiana – BATAS.ID