Disney Resmi Caplok 21st Century Fox Senilai US$71,3 Miliar

Aksi korporasi itu merupakan momen bersejarah bagi The Walt Disney Company.

New York, TechnoBusiness ● The Walt Disney Company (NYSE: DIS), konglomerasi hiburan dan media global asal Burbank, California, Amerika Serikat, akhirnya resmi memiliki sepenuhnya 21st Century Fox (Nasdaq: FOX) mulai hari ini.

Disney mengakuisisi perusahaan media massa internasional yang berbasis di New York City itu senilai US$71,3 miliar. Kata Chairman dan CEO Disney Robert A. Iger, aksi korporasi itu merupakan momen yang luar biasa bersejarah bagi perusahaan yang dipimpinnya.

Baca Juga: Pavel Ilii, Imigran yang Sukses Membangun IPWebMedia dengan US$300

Selain itu, juga “Menciptakan nilai jangka panjang yang signifikan bagi perusahaan dan pemegang saham kami,” terang Iger dalam penjelasan tertulisnya.

Gabungan dua kekuatan itu juga semakin memperkuat perusahaan dalam menguasai pasar hiburan global di tengah era yang cukup dinamis dan transformatif.

Baca Juga: Cerita Heroik Priyam Sengupta Berbuah Aplikasi Donor Darah Bloodmates

Apalagi akuisisi itu mencakup bisnis produk film 21st Century Fox yang terkenal, termasuk Twentieth Century Fox, Fox Searchlight Pictures, Fox 2000 Pictures, Fox Family, Fox Animation, Hulu, dan Tata Sky.

Disney telah memperoleh persetujuan akuisisi atas 21st Century Fox dari Departemen Kehakiman Amerika Serikat tahun lalu. Meski diakuisisi, Iger menyatakan Disney tetap akan mempertahankan merek Fox dan memproduksi film menggunakan merek tersebut.●

—David T. William, TechnoBusiness/PRN ● Foto: Disney

 

Artikel Asli