BATAS.ID~Jakarta–Lembaga Sertifikasi Profesi Teknik Pendingin Tata Udara sejak mendapatkan Lisensi sebagai Lembaga Sertifikasi Profesi terverifikasi BNSP sudah memulai kiprahnya dalam melaksanakan tugasnya sebaga Lembaga yang bertugas memberikan Sertifikasi keahlian kepada Teknisi-Teknisi Pendingin dan Tata Udara Indonesia.

Dalam upayanya memberikan sertifikasi LSP TPTU bekerja sama dengan Daikin.

Sebagai tanggung jawab edukasi DAIKIN menggandeng LSP TPTU untuk memberikan Edukasi dan menjembatani Teknisi Pendingin dan Tata Udara untuk mendapatkan sertifikasi.

Daikin National Training Center (DNTC) berada di Sunter Jakarta. DNTC mempunyai perlengkapan yang baik, lengkap dan berstandard Internasional, yang layak menjadi tempat uji komoetensi (TUK) bagi para teknisi.

Untuk itu Daikin meminta LSP TPTU untuk melakukan Verifikasi Pusat Training Daikin di Indonesia ini, agar bisa dijadikan TUK ( Tempat Uji Kompetensi ) bagi Teknisi yang akan melakukan sertifikasi keahlian Pendingin dan Tata Udara.

Baca Juga  KH. Maryadi Hasan Akan Hadiri Reuni Akbar 212,Peserta dari Berbagai Daerah Sudah Berdatangan

Prosee verifikasi dimulai 15 hingga16 November 2018.

Ketua Umum Apitu Indonesia yang diwakili Kepala Biro Informasi Teknologi dan Publikasi Apitu Indonesia, Mujiono menyampaikan ; agar kiranya kerjasama yang baik yang sudah terlaksana dengan APITU selama ini lebih ditingkatkan lagi dengan kerjasama dengan LSP TPTU sebagai LSP bentukan Apitu Indonesia. Lebih lanjut disampaikan APITU dan Daikin sama sama mempunyai keinginan yang besar untuk dapat mensertifikasi Teknisi Pendingin dan Tata Udara ini, yang masing-masing mempunyai kepentingan agar Teknisi TPTU Indonesia mampu bersaing dan meningkat kemampuannya. Dalam kesempatan tersebut, Daikin, yang diwaliki oleh Joko dari Divisi Training, menyampaikan agar kegiatan ini dapat segera dimulai sehingga program-program jangka pendek dan program jangka panjang Training Daikin ini membuahkan hasil ” Teknisi Bersertifikat Keahlian”.

Baca Juga  Gathering Nasional APITU Berbagi VIII Siap di Gelar

H. Nur Ekhwan, Ketua LSP dalam sambutannya menyampaikan, LSP TPTU masih seumur jagung tetapi Daikin Indonesia mempunyai pengalaman panjang pengelolaan Training dan memang sudah berbasis Kompetensi, sejujurnya kata Nur Ekhwan meyakini ini akan menjadi kolaborasi besar yang dapat bermanfaat bagi bangsa ini. “Kegiatan selama dua hari ini menjadi satu awal wujudnya Teknisi Indonesia yang Kompeten” tutup Nur Ehwan.

Kegiatan verifikasi yang dilaksanakan LSP TPTU selama dua hari ini memverifikasi kelayakan Fasilitas sarana dan Prasarana Daikin National Trade Center yang akan dikemas menjadi TUK Mandiri sesuai dengan Peraturan BNSP ( Badan Nasional Sertifikasi Profesi ), yang nantinya akan dipergunakan untuk melakukan kegiatan Asesi bagi Teknisi yang akan melakukan Sertifikasi keahliannya.

Baca Juga  Melanie Subono, Bercinta dan Melawan

NRP|Biro IT & Publikasi APITU|Foto: APITU Indonesia