Antusias jamaah yang mengikuti jalan sehat, antre pembagian kupon doorprize/foto:roni w untuk ©batas.id

batas.id~Takmir Masjid bersama Remaja Masjid ini, meluncurkan kegiatan Gerakan Subuh Berjamaah, akibatnya ratusan orang mendatangi masjid tersebut. Peristiwa itu terjadi pada Minggu (9/7/2017) pagi, kemarin, di masjid Al Mustaqim, yang terletak di RT. 01 RW. 01, Dusun Jladri, Desa Pucung, Kecamatan Kismantoro, Kabupaten Wonogiri, Jawa Tengah. Lebih kurang 300 orang mendatangi masjid sejak jam empat pagi, mereka berdatangan secara bergelombang hingga total yang datang ke masjid mencapai 300an orang.

Ratusan orang yang mendatangi masjid tersebut bukan untuk berdemo, namun mereka datang untuk menghadiri rangkaian kegiatan Gerakan Subuh Berjamaah (GSB). GSB sendiri digagas oleh Relawan Inspirasi Rumah Zakat (RZ), yang disinergikan bersama dengan Takmir Masjid dan Remaja Masjid Al Mustaqim.

Baca Juga  Bupati Tegas Bantah, Wonogiri Penyebab Banjir Di Hilir Bengawan Solo

Dalam GSB itu, digelar serangkaian acara, yakni salat subuh berjamaah dan dilanjutkan tausiyah. Kemudian pada pukul 05.40 WIB disusul kegiatan jalan sehat dengan peserta semua jamaah, start dan finish di halaman masjid. Sesampainya di finish, para jamaah mendapatkan snack dari panitia dan acara pamungkasnya adalah pengundian puluhan doorprize, dengan hadiah utamanya berupa satu ekor kambing.

Ratusan jamaah putra putri yang hadir untuk salat subuh berjamaah/foto:yoyok e untuk ©batas.id

Ketua takmir masjid, Purwoto, menyatakan bahwa hal tersebut bertujuan untuk meningkatkan peribadahan seusai bulan ramadhan, harapannya, jamaah kembali memiliki gairah untuk salat berjamaah di masjid seperti saat bulan puasa.

“Selaku takmir masjid, kami mengajak para jamaah untuk salat berjamaah di masjid seperti bulan puasa kemarin, hadiah doorprize yang disediakan hanya merupakan spirit bagi para jamaah,” jelas Purwoto.

Baca Juga  Akibat Serangan Hama Wereng dan Jamur, Pengendalian Masal Dilakukan Petani
Jalan sehat bagian dari kegiatan gerakan subuh berjamaah/foto:roni w untuk ©batas.id

Hal senada juga diungkapkan oleh salah satu remaja masjid, Roni Wanfuadi, bahwa kegiatan yang digelar tersebut bertujuan untuk mengajak para jamaah menunaikan salat berjamaah di masjid.

“Hadiah atau doorprize yang disediakan hanya sebatas pancingan saja, karena GSB rencananya akan kita gelar setiap minggu sehingga kami berharap hadiah ini bisa memacu semangat para jamaah,” terang Roni.

Sementara itu, Relawan Insiprasi Rumah Zakat (RZ), Yoyok Ernowo, mengungkapkan bahwa kegiatan tersebut merupakan salah satu program dari Rumah Zakat (RZ).

“Gerakan Subuh Berjamaah (GSB) termasuk salah satu kegiatan dari relawan Rumah Zakat, yang akan dilaksanakan setiap hari minggu dan tiap dua bulan sekali akan diadakan undian doorprize, setiap hari minggu, jamaah yang ikut salat berjamaah di masjid mendapatkan satu kupon,” kata Yoyok.

Baca Juga  Menarik Pelanggan, Hartono "Gunakan Artis"

Salah satu jamaah yang datang dari tetangga desa, menuturkan rasa heran sekaligus merasa takjub adanya acara tersebut.

“Aneh saja mas, baru kali ini ada program gerakan subuh, jadi penasaran, makanya saya hadir dan ternyata acara ini sangat bagus, bagus sekali,” tutur Jamari. (gw)