Foto oleh : Handris Kurlu

Batas.id~ PONOROGO – Jalan jalan ke Kota Reog tentunya tidak lengkap bilamana kita tidak berkunjung ke Jl. Brawijaya, Jetis Kab. Ponogoro Jawa Timur sekitar 5 km dari Pusat Kota Ponorogo. Penasaran….? Ternyata ada kuliner nan terkenal disini yaitu Warung Makan Bu Parti yang meyediakan aneka makanan, namu ada satu makanan hidangan Favorit disini yaitu ” Garang Asem ” yang enak dan super pedas.¬† Team batas langsung menemui sang penjual Kuliner ini yaitu, Mbak Larsi Murdani adalah menantu dari Bu Parti sang empunya Warung makan ini. Kami menanyakan bahan dan proses pembuatannya, ” bahannya dari ayam kampung Mas dan kita membuatnya juga menggunakan pawon ( alat masak tradisional ) dan kayu bakar, jadi tidak menggunakan Gas Elpiji. Proses pembuatannya sendiri langsung dikerjakan dan diawasi oleh Ibu saya ( Bu Parti ) sehingga rasanya tidak berubah ubah” kata Mbak Larsi. Tak lama muncul satu orang laki-laki tinggi besar, ternyata dia adalah Mas Anto, yaitu putra semata wayang Bu Parti dan sekaligus suami dari mbak Larsi.

Foto : Larsi Murdani
Foto : Larsi Murdani

Lebih lanjut Mas Anto menuturkan “Garang Asem Bu Parti berdiri sejak 1996 bermula dari sebuah Warung¬† Makan yang hanya menyediakan pecel lele dan nasi pecel saja, dengan berjalannya waktu hingga akirnya mencoba menu makanan dari ( Mbah Walik ) yang membuat makanan untuk berbuka Puasa yaitu ” Garang Asem Pedas ” yang saat itu hanya merupakan menu santapan pribadi.
Dengan resep asli itu maka mulailah Ibu Parti menjajakan menu masakan yang lain dari pada yang lain ” Garang Asem Super Pedas” yang ternyata sangat diminati oleh para penikmat kuliner, hingga akirnya Menu masakan kami ini diliput oleh berbagai Acara kuliner Televisi diantaranya : Trans TV, SCTV, AN TV, Jogja TV serta banyak media media Online termasuk sekarang BATAS.ID ini.

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here