Foto oleh : Handris Kurlu

Batas.id~ PONOROGO – Jalan jalan ke Kota Reog tentunya tidak lengkap bilamana kita tidak berkunjung ke Jl. Brawijaya, Jetis Kab. Ponogoro Jawa Timur sekitar 5 km dari Pusat Kota Ponorogo. Penasaran….? Ternyata ada kuliner nan terkenal disini yaitu Warung Makan Bu Parti yang meyediakan aneka makanan, namu ada satu makanan hidangan Favorit disini yaitu ” Garang Asem ” yang enak dan super pedas.  Team batas langsung menemui sang penjual Kuliner ini yaitu, Mbak Larsi Murdani adalah menantu dari Bu Parti sang empunya Warung makan ini. Kami menanyakan bahan dan proses pembuatannya, ” bahannya dari ayam kampung Mas dan kita membuatnya juga menggunakan pawon ( alat masak tradisional ) dan kayu bakar, jadi tidak menggunakan Gas Elpiji. Proses pembuatannya sendiri langsung dikerjakan dan diawasi oleh Ibu saya ( Bu Parti ) sehingga rasanya tidak berubah ubah” kata Mbak Larsi. Tak lama muncul satu orang laki-laki tinggi besar, ternyata dia adalah Mas Anto, yaitu putra semata wayang Bu Parti dan sekaligus suami dari mbak Larsi.

Baca Juga  Harga Hewan Ternak Terjun Bebas
Foto : Larsi Murdani
Foto : Larsi Murdani

Lebih lanjut Mas Anto menuturkan “Garang Asem Bu Parti berdiri sejak 1996 bermula dari sebuah Warung  Makan yang hanya menyediakan pecel lele dan nasi pecel saja, dengan berjalannya waktu hingga akirnya mencoba menu makanan dari ( Mbah Walik ) yang membuat makanan untuk berbuka Puasa yaitu ” Garang Asem Pedas ” yang saat itu hanya merupakan menu santapan pribadi.
Dengan resep asli itu maka mulailah Ibu Parti menjajakan menu masakan yang lain dari pada yang lain ” Garang Asem Super Pedas” yang ternyata sangat diminati oleh para penikmat kuliner, hingga akirnya Menu masakan kami ini diliput oleh berbagai Acara kuliner Televisi diantaranya : Trans TV, SCTV, AN TV, Jogja TV serta banyak media media Online termasuk sekarang BATAS.ID ini.

Baca Juga  Tahun Ini, Petani Di Jawa Tengah Memiliki Kartu Tani