BATAS.ID~Purwokerto — Jumat malam, 15 Desember 2017, warga dikagetkan adanya  gempabumi, yang kemudian diketahui gempa tektonik ini berpusat di wilayah Sukabumi Jawa Barat.

Menurut hasil analisis BMKG  menunjukkan  bahwa  gempa terjadi  pada  pukul   23:04:39 WIB  dengan kekuatan M=4.5  Skala  Richter  dengan  episenter  terletak  pada  koordinat  7.29 LS  dan  106.69 BT, tepatnya  pada  jarak  48  Km  Barat Daya Sykabumi-Jawa Barat pada  kedalaman  50 KM dibawah laut.

Gempa tersebut terasa hingga Ponorogo, Pacitan, Solo dibagian timur, ke bagian barat gempa ini juga dirasakan hingga Bogor, Depok dan Jakarta. 

Di Purwokerto, gepa ini mengakibatkan keusakan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Banyumas,  kerusakan di beberapa ruangan pasien, seperti kaca jendela,dinding dan atap yang roboh, sehingga mengakibatkan kepanikan pengunjung dan pasien.” Kita panik,goncangan kencang,ini banyak yang rusak, ruang pasien kacanya rusak dan atap roboh” kata Ruswanto salah satu pengunjung RSUD Banyumas yang ikut panik akibat merasakan goncangan gempa.

Baca Juga  Pergerakan Tanah di Wonogiri Rusak Rumah Warga, Ratusan Orang Siap-siap Mengungsi

Di Cilacap, warga juga panik sesaat setelah gempa dirasakan karena terdengar sirine peringatan gempa, salah satu warga, Warjiman yang berlokasi di kota Cilacap panik dan mengugsi ke tempat aman khawatir akan ada tsunami.”mendengar bunyi sirine warga di sekitar pesisir pantai Cilacap berhamburan mengungsi ke arah utara, yang aman jika ada Tsunami seperti dulu” bebernya.

 

DENIS PRIWANDA