Batas.id~WONOGIRI – Selama bertahun-tahun dua dusun di dua desa ini terisolasi. Warga setempat tidak memiliki akses tembus untuk menuju wilayah lain. Berkat kekompakan gotong royong warga setempat dan aparat pemerintah selam tiga bulan terakhir, warga kini tak harus memutar belasan kilometer jika keluar desanya.
“Sejak 2011, warga Dusun Bendo Desa Bakalan Kecamatan Purwantoro dan warga Dusun Randu Kuning Desa Puhpelem Kecamatan Puhpelem ini terisolasi. Karena letak desanya terhalang gunung dan hutan,” ungkap legislator Partai Demokrat (PD) asal Purwantoro, Marhendi Indriatmo, Rabu (14/9).
Menurutnya, secara geografis, letak desa ini sangat berdekatan. Namun lantaran tidak adanya jalan tembus yang mengubungkan dua desa tersebut, membuat warga harus memutar mengelilingi gunung. Atas kondisi tersebut, warga dua desa itu berembug membahas untuk membuka akses jalan tembus dengan cara gotong royong.
Setiap seminggu sekali yaitu tiap hari Rabu, warga setempat melakukan kerja bakti membuat jalan tembus dengan cara ngepras tebing gunung dengan alat seadanya(tradisional) seperti linggis,cangkul,cikrak dll,” jelasnya.
Saat ini jalan tembus sepanjang 2,5 kilometer lebar empat meter sudah terbuka. Semula, warga harus menembus belasan kilometer, memutar melalui belik Dawung, Desa Puhpelem, Kecamatan Puh Pelem.
Meski demikian, jalan tembus tersebut belum sempurna. Sebab,  sekitar dua tahun mendatang jalan itu baru bisa padat. Kendaraan roda dua harus berhati- hati, karena kondisi tanah licin.
“Pembuatan jalan itu berjalan lancar berkat gotong royong para warga. Tapi tidak kalah besar pengorbanan lima warga yang merelakan lahan pertanian mereka untuk dibuat badan jalan,” katanya.
Dia menambahkan, meski sudah ada jalan tembus, namun ada pekerjaan rumah (PR) yang hingga kini belum rampung.
“Soal aliran listrik. Selama ini untuk suplai listrik warga setempat masih ngganthol dari warga Magetan, Jawatimur. Karena wilayahnya berbatasan sangat dekat ke Jawatimur,” tandasnya.

Baca Juga  KUBE Fakir Miskin Membantu Sesama

Reymond S-batas.id