Api melalap isi gudang limbah/foto : edy s ©batas.id

batas.id~TANGERANG-Gudang limbah yang terletak di Jl. Raya serang Km 21 Kawidaran Balaraja Tangerang Sabtu siang (21/01/2017) ludes terbakar.

Menurut kesaksian pekerja gudang, kebakaran berawal dari terdengarnya suara seperti percikan korsleting listrik, dan setelah dicek keasal suara ternyata sudah didapati api yang menyala dan menyambar dibagian tabung limbah yang berbahan fiber.

Material limbah yang kebanyakan berasal dari bahan plastik, menyebabkan api dengan cepat menyambar kebagian lainnya. Bahan plastik yang berada didalam gudang limbah berasal dari bekas palet berbahan plastik, bekas penampungan kimia dan ember.

Selain bahan plastik, terdapat juga tumpukan drum yang diduga didalamnya masih ada sisa-sisa minyak dan oli yang memicu api menyambarnya.

Baca Juga  Aksi Komunitas Sosial Wonogiri Untuk Peduli Longsor di Ponorogo

Warga yang menempati rumah kontrakan disekitar gudang limbah juga sudah bersiap siap mengevakuasi barang rumah tangganya jika api tidak bisa dipadamkan dan menyambar kontrakan mereka.

Gudang limbah setelah api berhasil dipadamkan/foto : edy s ©batas.id

Berkat kerja keras BPBD (Badan Penanggulangan Bencana Daerah) Kabupaten Tangerang dan warga sekitar yang ikut menyiram dan menyemprotkan air, akhirnya api berhasil dijinakkan setelah tiga jam.

Petugas pemadam kebakaran dari BPBD Kabupaten Tangerang terlihat masih standby di tempat kejadian peristiwa pada jam 14.30 beserta delapan unit mobil pemadam kebakaran.

Akibat peristiwa ini, Jalan raya dari arah Tangerang menuju Serang mengalami kemacetan dan kendaraan dialihkan menjadi satu ruas arah berlawanan untuk beberapa saat.

Kerugian akibat kebakaran ditaksir mencapai ratusan juta rupiah, dikarenakan banyaknya material limbah yang terbakar dan tidak lebih dari 10% yang berhasil diselamatkan. Tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini. (edysw)