foto dok. satino/batas.id/edi p

Batas.id~WONOGIRI-Wisata alam saat ini sedang populer di masyarakat seiring dengan era kemajuan jaman dan tentunya tingkat kesibukan dalam bekerja maka untuk menghilangkan rasa lelah, maupun kebosanan perlu refrshing atau wisata, salah satunya ke tempat wisata alam. Gunung besek (#gubes) salah satu lokasi wisata alam yang berada di Dusun Pager Gunung, Desa Plosorejo, Kecamatan Kismantoro, Kabupaten Wonogiri, Jawa Tengah, perbatasan dengan Desa Bugelan dan Pacitan, Jawa Timur.

foto dok. satino/batas.id/edi p
foto dok. satino/batas.id/edi p

Merupakan wahana baru tempat selfi dengan keindahan alam, tumpukan bebatuan mirip besek (istilah bahasa jawa wadah berbentuk kotak untuk menaruh barang) dengan puncak gunung yang ekstrime dan pemandangan atau panorama alam yang indah disekililingya, serta balutan gumpalan awan mapun kabut diatasnya disertai udara yang sejuk dan segar, sehingga tidak mengherankan jika tempat ini banyak dikunjungi oleh para wisatawan, khususnya kawula muda untuk memacu andrenalin, menapaki bebatuan menuju puncak Gunung Besek.

Baca Juga  Wisata Alam Watu Adeg (WA) Pucung Kismantoro Kabupaten Wonogiri
foto dok. satino/batas.id/edi p
foto dok. satino/batas.id/edi p

Dalam pantauan tim batas.id dilokasi Gunung Besek (#gubes) beberapa waktu lalu, disaat salah satu stasiun tv swasta nasional Indonesia sedang melakukan shooting dalam salah satu program acara dipuncak Gunung Besek (#gubes), banyaknya para pengunjung yang mayoritas anak-anak muda yang mengabadikan moment diatas puncak Gunung Besek (#gubes) dengan foto selfi dan lainnya. Namun oleh masyarakat setempat selalu mengingatkan agar berhati-hati menjaga keselamatan masing-masing, mengingat kalau sudah berada di puncaknya hanya hamparan jurang yang sangat ekstrime.

foto dok. satino/batas.id/edi p
foto dok. satino/batas.id/edi p

Hal itu di sampaikan oleh Satino (Kepala Desa Plosorejo), “setiap pengunjung agar berhati-hati dalam menjaga keselamatannya, potensi di Desa Plosorejo banyak, salah satunya adalah puncak Gunung Besek (#gubes), namun butuh kerja sama dengan pihak terkait untuk manjadikan Puncak Gunung Besek (#gubes) menjadi lokasi wisata di wilayah Wonogiri Timur,” tegasnya.

foto dok. hadi p/batas.id/edi p
foto dok. hadi p/batas.id/edi p

Selanjutnya untuk para wisatawan yang ingin menuju puncak Gunung Besek (#gubes) mudah dijangkau baik roda dua maupun roda empat namun harus ekstra hati-hati dengan kondisi infrastruktur jalan, apalagi ketika turun hujan. Lokasi puncak Gunung Besek (#gubes) dari pusat Kota Wonogiri berjarak kurang lebih 80 km ke arah timur, sesampainya di Kecamatan Purwantoro ke arah selatan menuju Kecamatan Kismantoro dan selanjutnya bisa melewati jalur utara Jalan Desa Ngroto – Desa Bugelan – Gunung Besek (Desa Plosorejo), atau lewat jalur tengah yaitu Desa Plosorejo – Dusun Waru atau lewat jalur selatan Desa Ngromo (Pacitan, Jawa Timur) dan dilanjutkan menuju Desa Bugelan – Gunung Besek.

Baca Juga  Seminar dan Workshop Grafika Desain yang Mendukung Ekonomi Kreatif Indonesia Mengisi Hari Pertama FGDexpo 2017
foto dok. hadi p/batas.id/edi p
foto dok. hadi p/batas.id/edi p

Salah satu wisatawan yang berkunjung ke Gunung Besek (#gubes), dalam peryataannya mengatakan “luar biasa mas jauh- jauh dari Solo ke puncak Gunung Besek (#gubes), rasa penasaran saya terobati, meski menakutkan namun sampai dipuncaknya sangat fantastis, dengan pemandangan alam yang indah, serasa di langit,” ungkap Sigit dan Reno, anggota group salah satu komunitas sepeda motor asal Solo Jawa Tengah.

foto dok. rey/batas.id/edi p
foto dok. rey/batas.id/edi p

Berkah dirasakan juga para masyarakat pedagang yang setiap hari berjualan menyediakan aneka makanan dan minuman dengan keberadaan wisata alam Gunung Besek (#gubes), didukung kerja sama yang baik dan saling menguntungkan diantara Pemerintah Desa Plosorejo dan Pemerintah Desa Bugelan dalam melestarikan dan mempromosikan potensi alam yang ada.

Baca Juga  Banyak Lebih dan Untung Lebih Banyak Jadi Anggota Apitu Indonesia
foto batas.id/edi p
foto dok. gunawan w/batas.id/edi p

“Khusus hari libur, wisatawan baik dari dalam maupun luar Kabupaten Wonogiri banyak yang datang berkunjung untuk refresing atau mencoba menaklukkan tantangan menuju puncak Gunung Besek (#gubes) dengan mendaki tumpukan bebatuan dilokasi ini,” ujar Bejo salah satu Perangkat Desa Plosorejo.

foto dok. gunawan w/batas.id/edi p
foto dok. gunawan w/batas.id/edi p

Untuk wisatawan yang takut ketinggian diharapkan agar waspada dan berhati-hati, seiring dengan banyaknya pengunjung yang datang untuk berfoto atau menikmati semilirnya angin dan pemandangan alam yang indah di Puncak Gunung Besek (#gubes).
Silahkan mencoba berwisata alam yang penuh petualangan, eksotis nan romantis di Puncak Gunung Besek (#gubes).

 Edi Purnomo-batas.id