©batas.id/foto gunawan w/empat calon kades didampingi istri

Batas.id~WONOGIRI-Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) digelar serentak se Kabupaten Wonogiri, hari ini. Pilkades yang digelar di 13 Desa se Wonogiri, dimulai sejak pagi sekitar jam 08.00 wib sampai selesai. Proses pemilihan langsung tersebut dirampungkan dalam waktu sehari berupa pemungutan suara dari jam 08.00 wib sampai dengan jam 14.00 wib. Usai pemungutan suara, akan langsung digelar penghitungan suara pada jam 14.00 sampai selesai sehingga akan langsung diketahui bersama, siapa yang unggul dalam gelaran pilkades tersebut.

©batas.id/foto gunawan w/antrian para pemilih di tps
©batas.id/foto gunawan w/antrian para pemilih di tps

Tim Batas Media mencoba mengunjungi slah satu desa yang menggelar pilkades, yakni Desa Miri, Kecamatan Kismantoro, satu-satunya desa di Kecamatan Kismantoro yang menggelar pilkades tahun ini. Ada empat orang yang maju bertarung dalam pilkades, empat orang tersebut mencoba peruntungan untuk dicoblos oleh 3.164 pemilih yang terdaftar di DPT (Daftar Pemilih Tetap), yang akan menyalurkan hak pilihnya di TPS (Tempat Pemungutan Suara) yang telah disiapkan oleh Panitia Pilkades Desa Miri.

Baca Juga  Ratusan pejabat Pemprov Kalteng dilantik dini hari

“Pemilih yang terdaftar di DPT sebanyak 3.164 pemilih yang akan menyalurkan hak pilihnya hari ini di Balai Desa Miri dan terbagi dalam tiga TPS,” tutur Jamari, A.Md., selaku Pj. Kepala Desa Miri.

©batas.id/foto gunawan w/balai desa sebagai lokasi tps
©batas.id/foto gunawan w/balai desa sebagai lokasi tps

Ada yang berbeda dari gelaran pilkades tahun ini di Kabupaten Wonogiri, jika sebelumnya, dalam pilkades pemilih hanya bisa mencoblos tanda gambar calon, bisa berupa gambar padi, jagung, ketela dan lainnya, namun kali ini pemilih akan lebih mudah mengenali calon yang diidolakan. Pasalnya, surat suara yang dipakai saat ini berupa gambar atau foto calon sehingga para pemilih langsung mengenal siapa yang akan dicoblosnya.

Masyarakat setempat sangat antusias mengikuti pilkades, terbukti mereka dari sejak dibukanya pendaftaran sudah berjubel memadati halaman Balai Desa Miri hingga diluar pintu gerbang. Mereka dengan tertib berbaris dan antri untuk menyalurkan hak pilihnya, hari ini mencoblos foto calon yang dipercaya untuk memimpin desanya hingga enam tahun kedepan, cukup sebentar saja didalam bilik, menentukan pilihan yang akan dicoblos namun sangat berarti untuk kehidupan bermasyarakat di desa dalam kurun waktu enam tahun lamanya.

Baca Juga  Pawai Pembangunan Meriahkan HUT RI di Pakis Baru

Gunawan Wibisono-batas.id