Alat berat yang diterjunkan untuk mengeruk jalan propinsi Wonogiri-Pacitan/foto:hadi p untuk ©batas.id

batas.id~WONOGIRI–Jalur utama yang menghubungkan Wonogiri-Pacitan, tepatnya di daerah Komando, Dusun Gandring, Desa Pucung, Kecamatan Kismantoro, Kabupaten Wonogiri yang tertimbun longsor pada Kamis (27/4/2017) sekira pukul 14.00 WIB, kemarin, sempat lumpuh total.

Pasalnya, material longsoran berupa tanah, bebatuan dan pepohonan menutup seluruh badan jalan propinsi Jawa Tengah tersebut dengan ketebalan sekitar dua meter.

Camat Kismantoro, Djoko Purwidyatmo, S.Sos., M.M., kemarin malam mengungkapkan kepada redaksi bahwa tanah longsor tersebut harus segera diatasi karena jalur tersebut merupakan satu-satunya akses yang menghubungkan Kismantoro menuju Pacitan maupun sebaliknya.

“Besok jalan sudah harus bisa dilalui mas, maka malam ini untuk mengatasi dan mengeruk material longsoran kita akan mendatangkan alat berat dari Madiun,” ungkap Camat Kismantoro melalui sambungan telepon.

Baca Juga  Proses Evakuasi Rumah Roboh Akibat Longsor Di Wonogiri

Hingga akhirnya, sekitar pukul 03.00 dini hari tadi, alat berat yang dimaksudkan oleh Camat Kismantoro tiba TKP untuk mengeruk material longsoran agar akses jalan kembali terbuka.

Dalam proses pengerukan material longsoran tersebut, dijaga ketat dan diamankan oleh jajaran anggota Koramil dan Polsek Kismantoro. Sekitar pukul 09.04 WIB, proses pengerukan sudah bisa dilewati kendaraan roda dua, sehingga sepeda motor sudah diijinkan melintas.

“Jam sekarang, (09.04-red) sementara motor bisa lewat,” kata Hadi, anggota Koramil Kismantoro.

Dan tak lama kemudian, Serka Hadi Prayitno, angota Koramil Kismantoro kembali melaporkan kondisi terkini proses pengerukan longsoran.

“Mobil sudah bisa lewat sambil nunggu finishing pembersihan material,” ungkap Hadi pada pukul 09.58 WIB.

Baca Juga  Jalur Pacitan-Ponorogo Lumpuh Akibat Longsor

Akhirnya, pada pakul 10.30 WIB, Camat Kismantoro menyatakan bahwa proses pengerukan telah selesai namun karena banyaknya kendaraan yang mengantre untuk melintas, petugas keamanan dari Koramil dan Polsek Kismantoro terpaksa masih harus mengatur para pengguna jalan agar tertib dalam berkendara mengingat kondisi jalan masih agak licin. (gw)