BATAS.ID~Petanjungan adalah sebuah desa di wilayah kecamatan Petarukan Kabupaten Pemalang Jawa Tengah. Desa Petanjungan yang konon berdiri dari cerita legenda, pernah ada putri raja yang singgah dan tinggal hingga di makamkan di desa ini, Putri Tanjung nama putri raja tersebut, sehingga kemudian daerah ini dinamakan Petanjungan.

Selain menghasilkan teknisi dan pengusaha handal di bidang refrigrasi dan tata udara, ternyata desa Petanjungan lebih maju beberapa langkah di bidang teknologi informasi (IT) di banding daerah lain.

Kemajuan di bidang teknologi informasi dibuktikan dengan pelaksanaan pesta demokrasi warga Petanjungan, yang memilih kepala desa mereka menggunakan cara e-votting.

Camat Petarukan dan sesepuh Petanjungan

Warga Petanjungan melaksanakan pemilihan kepala desa bersamaan dengan 14 desa lainnya di kecamatan Petarukan hari ini, 14/10/2018.

Khusus di desa Petatanjungan pemilihan Kepala Desa dilakukan dengan cara e-votting untuk memilih calon kepala desa, bahkan ini merupakan pemilihan kepala desa yang menggunakan teknologi di Kabupaten Pemalang, mungkin di Indonesia.

Warga memilih tiga kandidat calon kepala desa dengan nomor urut : 1.Budiono A. Md, 2.Wiwi Susmiharti dan 3.Abdul Rohman.

Wargapun antusias mengikuti proses demokrasi ini, tercatat sebagai pemilih tetap 4.203 orang dan yang berpartisipasi sebanyak 3.148 orang terdiri dari warga tiga dusun.

Pemungutan suara di tutup pukul 15.00, disaksiakan oleh Bupati Pemalang H. Junaedi SH.MM beserta jajarannya, dan Camat Petarukan Drs. Sukisman MA.

Bupati Pemalang berbincang dengan camat dan sesepuh Petanjungan

Dari ke-tiga kandidat, Abdul Rohman memperoleh suara terbanyak 1.280 suara mengungguli Wiwi Sumiharti dan Budiono yang masing-masing memperoleh 1.029 dan 836 suara.

NRP| Foto: H.Nur Ekhwan