Anggota pramuka nampak makan bersama beralaskan tanah dan rumput/foto:kiriman, design:gunawan w ©batas.id

batas.id~JAKARTA-Miris dan geleng-geleng kepala saat menerima kiriman foto yang menampakkan beberapa anggota pramuka makan dengan beralaskan tanah dan rumput, seperti tak percaya dan menganggap mungkin itu sebatas berita hoax saja.

Berawal dari melihat foto disalah satu grup wa “Alumni Blecky 95” yang dishare oleh salah satu anggotanya, bahkan juga ditunjukkan alamat link yang memberitakan hal tersebut.

Foto anggota pramuka makan bersama beralaskan tanah dan rumput yang dikirim oleh salah satu anggota grup wa/foto:screenshot, design:gunawan w ©batas.id

Dikutip dari detiknews, foto tersebut sudah viral dan menghebohkan jagat kepramukaan di Indonesia. Tak tanggung-tanggung, foto tersebut langsung mengundang reaksi Ketua Kwarnas Gerakan Pramuka, Adhyaksa Dault.

“Pagi ini (25/03/2017), di grup WA (WhatsApp), saya menerima foto beberapa Pramuka makan bersama di suatu tempat, namun nasinya ditaruh di rumput tanpa alas. Saya cek, foto tersebut sudah menyebar di media sosial dan mendapatkan kritik keras bahkan kecaman dari anggota Gerakan Pramuka,” ujar Adhyaksa dalam keterangannya di Instagram @adhyaksadault yang dikutip detikcom, Sabtu (25/3/2017).

Baca Juga  Jalur Pacitan-Ponorogo Lumpuh Akibat Longsor

“Saya tegaskan ini bukan bagian dari pendidikan dan pembinaan di Gerakan Pramuka, saya sangat menyayangkan ini. Saya pastikan bahwa pembina kegiatan tersebut belum mengikuti atau memenuhi kualifikasi pelatih dan pembina Pramuka,” tutur mantan Menpora ini.

Terakhir, Adhyaksa meminta panitia kegiatan Pramuka tersebut ditegur dan diberikan pembinaan. Dia ingin Senin depan, 27 Maret 2017, masalah ini telah selesai.

Sampai berita ini kami turunkan, belum diperoleh informasi akurat dimana lokasi kegiatan pramuka tersebut. Dari beberapa sumber mengatakan bahwa kegiatan itu dilaksanakan di Propinsi Banten, namun beberapa pihak mengatakan bahwa kegiatan itu berlangsung di Kabupaten Trenggalek, Jawa Timur. (gw-detiknews)