BATAS.ID~Sukoharjo–Setelah gagal melaju ke senayan, pengacara kondang Henry Indraguna menjajaki maju calon bupati sukoharjo dari jalur independen. Jumat (11/10) sore, Henry mendatangi KPU Sukoharjo ditemui oleh empat komisioner KPU yakni Suci Handayani, Ita Efiati, Cecep Coirul dan Syabani.
“ Ada beberapa parpol juga yang sudah berkomunikasi dengan saya. Tapi kali ini saya mencari informasi mengenai syarat daftar pilkada jalur independen di KPU Sukoharjo,”ungkap Henry kepada sejumlah wartawan usai bertemu Komisioner KPU Sukoharjo.

Sebelumnya, Henry dengan maksud yang sama juga datang ke KPU Surakarta untuk menanyakan persyaratan pencalonan independen. Bahkan dalam kesempatan itu ia menyatakan diri siap mendampingi Gibran Rakabuming putra Presiden Joko Widodo dalam Pilwalkot Solo.
“Semuanya masih penjajakan, tapi saya serius untuk maju dalam pilkada 2020 mendatang. Tim juga masih mengkaji, yang pasti saya siap bertarung,”jelasnya.


Sementara itu Komisioner KPU Sukoharjo Divisi Sosialisasi Pendidikan Pemilih Partisipasi Masyarakat dan SDM, Suci Handayani mengatakan ini sudah ada sejumlah pihak yang menanyakan proses dan prosedur pencalonan melalui jalur independe ke KPU Sukoharjo. “Untuk Sukoharjo calon Bupati yang akan maju lewat jalur independen pada Pilkada 2020 harus menyiapkan 50.216 KTP pendukung,”jelasnya.


KTP dukungan tersebut, lanjut Suci, harus berasal dari minimal 6 Kecamatan yang berbeda di Kabupaten Sukoharjo dan harus melalui verifikasi faktual.

Rudianto