Batas.id~Wonogiri — Menjelang Hari Raya Idul Adha, Pemkab Wonogiri melarang penggunaan plastik kresek warna hitam untuk membungkus daging hewan kurban. Disinyalir plastik kresek hitam tidak jelas riwayatnya serta mengandung berbagai zat- zat kimia.
“Ya kalau mengacu aturannya, sampai saat ini kita belum dapat surat resmi dari pemerintah pusat,” ujar Kabid P2PL DKK Wonogiri, Supriyo Heriyanto, Selasa (6/9)

Gambar Ilustrasi oleh Google
Gambar Ilustrasi oleh Google

Pihaknya pun menyarankan untuk tidak menggunakan plastik kresek hitam untuk wadah daging kurban. “Sebaiknya menggunakan plastik yang berwarna bening. Jangan plastik kresek yang warna hitam,” imbaunya.
Diakui, plastik kresek warna hitam secara detail belum diketahui bahan baku serta dampak yang ditimbulkan terhadap manusia. Namun demikian, larangan penggunaan plastik kresek warna hitam sempat marak beberapa tahun lalu.
“Misal di desa, khususnya Wonogiri ini kan masih banyak daun jati. Jadi mendingan dibungkus menggunakan daun jati atau paling tidak dibungkus daun jati dulu baru dimasukkan ke dalam plastik kresek,” tandasnya.
Dikutip dari : (Tarmuji/Marhaendra Wijanarko)