Basuki Tjahaja Purnama (Ahok)/foto : detik.com ©batas.id

batas.id~JAKARTA-Ijin cuti Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) sebagai Gubernur DKI non aktif telah habis pada hari ini Sabtu (11/2/2017). Ijin cuti tersebut berlaku bagi Ahok dan pasangannya, Djarot, karena mencalonkan diri sebagai Gubernur DKI Jakarta dan untuk mengikuti kampanye, sejak hari pertama kampanye yaitu pada Jumat (28/10/2016) hingga tiga hari sebelum tanggal pemilihan berlangsung.

Ijin cuti pasangan Ahok-Djarot untuk bertarung di Pilkada DKI Jakarta, diterbitkan oleh Kementerian Dalam Negeri sejak Selasa (11/10/2016) lalu dan berakhir hari ini.

Sementara itu, kepastian bahwa Ahok akan aktif lagi sebagai Gubernur DKI, telah disampaikan oleh Kemendagri pada Jumat (10/2/2017) kemarin. Meskipun berstatus terdakwa dalam kasus dugaan penistaan agama, Kemendagri menyatakan, Ahok masih akan aktif sebagai Gubernur DKI hingga pembacaan tuntutan.

Baca Juga  Ratusan Orang Histeris Karena Ulah Reog Ini
Ahok-Djarot saat bertemu plt. gubernur dki di balai kota/foto : detik.com ©batas.id

Seperti dikutip dari detik.com, Kepala Biro Hukum Kemendagri, Widodo Sigit Pudjianto dalam keterangan tertulis, Jumat (10/2/2017), menuturkan pihaknya masih menunggu, pasal mana yang nantinya akan dipakai jaksa untuk menuntut Ahok. Kemendagri menegaskan tidak mau buru-buru.

“Kami tidak mau gegabah mengeluarkan keputusan pemberhentian sementara Pak Ahok, karena bisa saja ada tuntutan balik,” ujar Sigit.

“Apabila belum ada kepastian tuntutan lamanya ancaman penjara kepada Ahok hingga tanggal 11 Februari 2017 (hari ini-red), yang merupakan masa akhir cuti kampanye selaku petahana, Kemendagri tidak mengusulkan pemberhentian sementara Ahok sebagai Gubernur DKI,” pungkasnya.

Sudah dipastikan bahwa sore ini Ahok telah menerima penyerahan nota singkat dari PLT. Gubernur DKI, Sumarsono, saat berlangsungnya acara serah laporan nota singkat dari Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur DKI Sumarsono kepada Gubernur serta Wakil Gubernur DKI Jakarta non aktif Ahok-Djarot Saiful Hidayat, yang digelar di Balai Agung, Balai Kota, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat.

Baca Juga  Aliansi Mahasiswa dan Pemuda Peduli Kemanusiaan Tuntut Dubes Myanmar Hengkang dari Indonesia

Dan pada pukul 00.00 WIB malam ini, Ahok secara resmi akan kembali aktif sebagai Gubernur DKI Jakarta serta akan menjalankan dua status, yakni sebagai Gubernur DKI Jakarta dan sebagai terdakwa dalam kasus dugaan penistaan agama. (gw/detik.com)