BATAS.ID~Singapura– Demi membantu pelaku usaha, khususnya UMKM dalam memanfaatkan tren eCommerce di Asia Tenggara, Lazada melansir sejumlah kebijakan baru. Kebijakan ini akan mempermudah, mempercepat dan menguntungkan para pelaku usaha secara finansial.

Berlaku sejak 1 Februari, kebijakan ini akan memberikan keuntungan bagi 135.000 seller yang sudah ada, maupun baru akan bergabung di platform Lazada.

Memberi apresiasi bagi penjual yang bertanggung jawab dengan kinerja terbaik

Salah satu program yang menjadi sorotan adalah Seller Rewards, sebuah program yang memberikan ruang untuk mengapresiasi kerja keras dan kinerja seller yang luar biasa. Seller Rewards ini berbentuk pemeringkatan, bagi seller oleh konsumen, dimana seller dengan peringkat yang tinggi akan dapat menikmati berbagai hadiah atau keuntungan, seperti:

  • Visibilitas produk yang lebih baik bagi konsumennya saat konsumen menelusuri dan menjelajahi situs Lazada
  • Perpanjangan akses terhadap fasilitas layanan pengiriman dan subsidi harga oleh Lazada
  • Perpanjangan akses untuk mengikuti kampanye terkait promosi yang diselengarakan oleh Lazada
  • Perpanjangan akses ke program yang diinginkan seller; atau program seller premium di Malaysia dan program Seller Prioritas di Indonesia

Konsumen akan menilai seller berdasarkan cara mereka menerapkan berbagai best practice (Lihat Lampiran) dalam menghadirkan pengalaman konsumen yang menyenangka, antara lain informasi tentang kualitas produk yang dijual; pengemasan produk dengan material yang direkomendasikan untuk menghindari kerusakan; serta langkah mencegah pembatalan pembelian karena kelalaian. Keuntungan lain bagi seller – mereka tidak akan lagi dikenakan denda untuk setiap pelanggaran kebijakan (Lihat Lampiran). Meski demikian, penjual yang tidak menerapkan best practice akan dihilangkan dari platform oleh Lazada.

Baca Juga  Pengecoran Jalan di Kelapa Dua Depok

Mempermudah pelaku usaha untuk segera berjualan

Jika sebelumnya butuh tiga sampai empat hari untuk memulai usaha online di Lazada, kini cuku dalam beberapa menit saja. Proses pendaftaran yang telah disederhanakan hanya mewajibkan calon seller untuk mencantumkan alamat email, nomor telepon dan alamat mereka saat pendaftaran. Setelah itu mereka dapat mulai berjualan dalam 15 menit setelah membuat akun di Lazada.

Aimone Ripa di Meana, Chief Operations Officer, Lazada Group, menyebut bahwa inisiatif terbaru yang mempermudah seller merupakan bagian dari upaya perusahaan untuk memberdayakan pelaku usaha, termasuk UMKM dalam mengembangkan bisnis mereka secara online. “Dengan memberi insentif pada sellerl dan mempermudah mereka berjualan secara efisien dan efektif, kami ingin memastikan bahwa Lazada merupakan marketplace terbaik bagi seller untuk menjangkau lebih banyak konsumen.”

Baca Juga  STMIK Duta Bangsa adakan Pelatihan bagi Pelaku UMKM Empon-Empon di Kismantoro Wonogiri.

NRP|PRN