Peserta Uji Kompetensi/Ridwan Mochammad

BATAS.ID~Jakarta–Gerakan Indonesia Kompeten ( GIK) sudah digaugkan Pemerintah, untuk mendukung GIK Perkumpulan Ahli dan Praktisi Pendingin dan Tata Udara Indonesia ( APITU Indonesia) melakukan sertifikasi keahlian para anggotanya di seluruh Indonesia bidang tata udara melalui uji kompetensi yang diselenggarakan Lembaga Sertifikasi Teknik Pendingin dan Tata Udara (LSP-TPTU).

Selain Angota APITU Indonesia, LSP-TPTU juga melaksanakan uji kompetensi bagi masayarakat umum yang memenuhi syarat dan ketentuan yang ditetapkan berdasarkan aturan dari Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP).

LSP- TPTU melakukan uji kompetensi kepada 9 orang peserta mandiri, di Tempat Uji Kompetensi (TUK) DPP Apitu Indonesia, Selasa,17 September 2019, dan seluruh peserta dinyatakan lulus. Menariknya sebagian besar peserta Ujikom ini adalah mereka yang sudah ahli dan bekerja dibidang pendingin dan refrigrasi puluhan tahun, namun selama ini tidak memiliki pengakuan dari manapun atas keahlian yang mereka miliki.

Eko Prasetyo Utomo, Peserta Ujikom /Riduwan Mochammad

Eko Prasetyo Utomo, salah satu peserta ujikom, sudah bergerak dibidang pendingin sejak tahun 1984 dan belum memiliki sertifikat keahlian, menyadari pentingnya pengakuan sehingga ia mengikuti sertifikasi yang diselenggarakan LSP-TPTU.

“Kami banyak pekerjaan yang menuntut sertifikat keahlian, dan saya fikir, mulai kemaren kan eranya semua harus sertifikasi, yang memberi pekerjaan juga menyaratkan harus sertifikasi yang diakui jadi semua saya ikutkan sertifikasi ini” beber Eko usai mengikuti Ujikom.

Senada dengan Eko, H. Nur Ekhwan Ketua LSP-TPTU juga menjelaskan pentingnya sertifikasi dan mengapa harus sertifikasi. “Harus diakui bahwa secara umum kualitas kerja dan sumber daya manusia kita masih rendah dan kalah bersaing dengan SDM dari negara lain seperti, Malaysia,Thailan dan Singapura. Apa lagi menghadapi Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) kita harus bersaing dengan sumber daya kompeten dari negara lain”. beber dia.

Selain itu, lanjut H Nur Ekhwan, banyak keuntungan mengikuti sertifikasi profesi diantaranya meningkatkan kepercayaan diri akan kemampuan yang dimiliki, mengetahui ukuran kemampuan yang dimiliki dan mendapatkan pengalaman dan rekan baru.

Sertifikasi profesi adalah suatu penetapan yang diberikan oleh suatu organisasi profesional terhadap seseorang untuk menunjukkan bahwa orang tersebut mampu untuk melakukan suatu pekerjaan atau tugas spesifik sesuai sertifikat keahlianyang dimiliki.

Manfaat lain dari sertifikasi profesi adalah mendapatkan pengakuan kompetensi secara nasional dan internasional, meningkatkan peluang karir profesional dan meningkatkan kredibilitas pemilik sertifikat, menambah wawasan baru yang tidak didapat pada saat menempuh pendidikan formal, dapat meningkatkan profesionalisme pemilik sertifikat.

NRP