Instagram “Down”. Berapa Pengguna yang Terimbas?

Oleh Didi Sulaeman | Assistant Manager Spire Research and Consulting

Spire Insight Jagat Twitter di seluruh dunia kemarin langsung ramai dengan hastag #InstagramDown. Ya, platform berbagi foto milik Facebook itu memang sempat tak dapat diakses oleh para penggunanya.

Nah, sebenarnya berapa jumlah pengguna Instagram saat ini? Spire Research and Consulting mencoba menelusurinya.

Baca Juga: Berkah Negeri Seribu Momen

Berdasarkan data Statista, platform yang diluncurkan pada 6 Oktober 2010 itu ternyata memiliki sekitar 1 miliar pengguna aktif bulanan (monthly active users) per Juni 2018.

Jumlah itu naik 500 juta pengguna hanya dalam dua tahun. Sementara pengguna aktif hariannya sekitar 500 juta pada Juni 2018 dan 250 juta pada Juni 2016.

Artinya, dalam dua tahun hingga Juni 2018, hanya separuh dari pengguna aktif bulanan yang aktif secara harian. Itu berarti pula bahwa setidaknya jumlah sebanyak itulah yang terimbas jika Instagram down.

Baca Juga: 4 Kelompok “Fintech” Menurut Bank Indonesia

Indonesia menjadi negara penyumbang jumlah pengguna Instagram terbesar keempat (60 juta) di dunia setelah Amerika Serikat (120 juta), India (67 juta), dan Brazil (63 juta).

Selain untuk sekadar berbagi foto dan video, Instagram dimanfaatkan pengguna untuk mempromosikan bisnis mereka. Karena itu, wajar jika ranah media sosial lain seperti Twitter—yang dapat diakses selama Instagram down—bakal ramai cuitan.

 

Spire Research and Consulting merupakan perusahaan riset pasar dan konsultasi bisnis global, terutama di negara-negara berkembang. Perusahaan yang didirikan pada 2000 di Singapura ini kini memiliki kantor perwakilan di semua negara Asia Pasifik dan berkantor pusat di Tokyo, Jepang.

PT Spire Indonesia | Wisma BNI Lt. 25 Unit 8-10, Jalan Jend. Sudirman Kav. 1, Jakarta 10220, Telp/Faks: (021) 57945800 www.spireresearch.com

 

Artikel Asli